RAKYAT NEWS, PALOPO – Para narapidana (Napi) Lapas Kelas IIA, Kota Palopo, Sulawesi Selatan diberi kesempatan untuk bertemu dan bersilaturahmi keluarga pada hari ketiga Idul Fitri 1445 Hijriah. Pada momen pertemuan tersebut, dimana suasananya penuh haru dan meneteskan air mata.

Dengan waktu yang terbatas, para keluarga memanfaatkan kesempatan waktu yang diberikan untuk membesuk dan bersama-sama menikmati makanan seraya berada dirumah.

Salah seorang napi, Baharuddin mengatakan dari kesempatan di hari raya idul fitri ini dapat mengobati rasa rindu terhadap para kerabat dan keluarganya.

“Terima kasih pihak lapas, hari ini rasa kangen saya terobati di hari fitri dengan kehadiran orang tua, saudara-saudara saya dan kerabat saya, kehadirannya sudah sangat mengobati hati saya,” katanya, Jumat (12/4/2024), dikutip dari Kompas.com.

Napi lainnya, Ammang mengatakan pertemuan dengan keluarganya membuat dirinya merasa senang, ditambah lagi diberi makanan lebaran dan bingkisan yang mengobati rasa rindu selama dirinya berada didalam lapas.

“Senang rasanya bisa bertemu keluarga karena dalam beberapa bulan ini tidak pernah datang.” katanya.

“Perasaan saya menjadi tenang dan damai, kami bercerita tentang suasana di keluarga yang selama ini berjalan dengan baik,” jelasnya.

“Ada kiriman makanan dan bingkisan dari keluarga, tapi isinya saya belum tahu,” ujarnya.

Kepala Kesatuan Pengamanan Lembaga Pemasyarakatan (KPLP) Lapas kelas IIA Kota Palopo Syamsul Bahri mengatakan pihaknya memberikan pelayanan kunjungan besuk keluarga dengan selama 4 hari, dengan durasi waktu 15 sampai 20 menit.

“Kami memberikan pelayanan untuk membesuk selama 4 hari, jadi terakhir hari Sabtu (13/4/2024), dengan lama waktu kunjung 15 sampai 20 menit.” katanya.

“Bagi pengunjung juga bisa melihat proses alur yang kami pasang di depan ruang tunggu,” tuturnya.