RAKYAT.NEWS, ENREKANG – Hujan disertai angin kencang melanda pemukiman warga di Desa Tongko, Kecamatan Boroko, Kabupaten Enrekang, sekitar pukul 16.00 WITA, pada Minggu (14/1/2024).

Camat Baroko, Edi Muchtar mengatakan, sebanyak 7 rumah warga rusak akibat kejadian tersebut. Beruntung tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini.

“7 rumah warga yang rusak, ada yang terbang atapnya, ada juga bangunan rumah yang rusak. Memang kemarin wilayah Tongko hujan deras terus disertai angin, tapi tidak ada ji korban,” ungkapnya.

Ia mengatakan, saat ini masyarakat yang terdampak angin kencang mengungsi di rumah-rumah warga sekitar. Pihaknya juga berkoordinasi dengan BPBD Enrekang untuk menangani permasalahan tersebut.

“Kerugian materiil yang dialami kami masih hitung, kita sementara koordinasi dengan BPBD dalam penanganannya. Warga yang terdampak juga mengungsi di rumah-rumah warga sekitar,” ucapnya.

Terpisah, Kepala BPBD Enrekang, Arsil Bagenda mengatakan, pihaknya sementara melakukan pendataan warga yang terdampak angin kencang tersebut. Dia pun mengimbau warga Enrekang waspada atas cuaca ekstrem yang terjadi di periode Januari ini.

“Kita sementara data, anggota kami sudah turun ke lapangan mendata. Memang akhir-akhir ini Enrekang dilanda cuaca ekstrem, sehingga masyarakat harus mewaspadai akan terjadinya bencana seperti angin kencang, longsor dan banjir,” ujarnya.

(rn/dtk)