RAKYAT.NEWS, MAKASSAR – Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sulawesi Selatan (Kanwil Kemenkumham Sulsel) melakukan rapat teknis (technical meeting) persiapan untuk pelaksanaan Tes Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) Kesamaptaan Calon Pegawai Negeri Sipil Kemenkumham Tahun 2023 di Sekolah Polisi Negara (SPN) Batua, Sabtu (09/12).

Kepala Divisi Keimigrasian, Jaya Saputra selaku Koordinator SKB Kesamaptaan memimpin jalannya rapat dengan menyampaikan kesiapan tim Kanwil Sulsel untuk membantu pelaksanaan Tes SKB Kesamaptaan yang akan diselenggarakan Minggu esok hari (10/12).

Kepala Sub Bagian Pelayanan Umum SPN Batua Polda Sulsel, Kompol Kamto menjelaskan secara teknis bagaimana pelaksanaan Tes Kesamaptaan.

Alur pelaksanaan meliputi registrasi, pengukuran tinggi badan dengan sistem gugur minimal untuk Pria 165 cm dan Wanita 160 cm. Dilanjutkan pemeriksaan kesehatan kemudian tes kesamaptaan.

“Peserta terlebih dulu melakukan pemeriksaan medis dan pengukuran tinggi badan dilanjutkan dengan Lari 12 menit, Pull Up 1 menit, Sit Up 1 menit, dan Shuttle Run jarak tercepat,” jelas Kamto.

Kepala Kantor Wilayah, Liberti Sitinjak yang hadir dalam rapat berharap agar pelaksanaan Tes SKB Kesamaptaan bisa berjalan dengan baik dan lancar meskipun di kondisi cuaca yang tidak menentu.

“Semua pihak dari tim pusat, tim kanwil maupun SPN Batua Polda harus saling bersinergi dalam pelaksanaan proses seleksi. Tes inilah yang menjadi langkah awal menuju pengembangan SDM kumham yang berkualitas,” tegasnya.

Sementara itu, Kepala Divisi Administrasi, Indah Rahayuningsih mengatakan bahwa Kanwil Sulsel telah membentuk Tim Internal yang ditugaskan untuk memantau pelaksanaan SKB. “Tugasnya untuk mem-back up tim pelaksana dari Kepolisian dan mendukung lancarnya pelaksaan kegiatan,” Ujarnya.

Turut hadir pula dalam rapat ini Panitia Pusat dari Inspektorat Jenderal dan Biro Sumber Daya Manusia Kemenkumham RI.