RAKYAT.NEWS, LUTIM – Upaya PT Vale Indonesia Tbk (PT Vale) dalam mendorong perkembangan Sumber Daya Manusia (SDM) di Luwu Utara, mendapat atensi positif dari Wakil Bupati Mochammad Akbar Andi Leluasa.

Hal itu disampaikan Akbar saat Focus Group Discussion (FGD) dan buka puasa bersama Kerukunan Keluarga Luwu Timur (KKLT) di Hotel Swiss Belinn, Kota Makassar, pada Kamis (4/4/2024).

Pertambangan yang semakin meluas di Luwu Timur, menjadi hal positif. Pasalnya, hal itu memberikan peluang kerja yang besar. FGD tersebut hadir sebagai wadah penyampaian aspirasi kepada PT Vale terkait pengembangan SDM.

Akbar mengungkapkan, sinergi berbagai pihak: swasta dan pemerintah, membuat Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) mencapai angka 75,6 persen. Berdasarkan aspek pelayanan kesehatan, menyentuh angka 94,39 persen. Itu juga selaras dengan Indeks Pembangunan Manusia yang meningkat menjadi 75,84 persen.

“Tahun lalu, APBD kita Rp1,9 triliun dan pada 2025 APBD kita targetkan akan mencapai Rp2 triliun. Itu sejalan dengan SDM kita yang baik, serta kehadiran pihak swasta yang ikut berkontribusi nyata,” ucap Akbar dalam sambutannya.

Menurutnya, PT Vale berkontribusi nyata bagi pemerintah daerah. Membangun sinergi untuk pemberdayaan masyarakat. Memberi kontribusi untuk Luwu Timur dalam mengembangkan sumber daya manusia.

“PT Vale membangun sistem pelatihan vokasi untuk masyarakat Lutim, mengembangkan skil-skil mereka untuk industri tambang. Banyak kegiatan untuk pengembangan potensi sumber daya manusia, pelatihan sekaligus dibantu pengadaan alat-alatnya. Kita selalu kolaborasi dengan PT Vale,” jelasnya.

Dalam acara buka bersama itu, Director External Relation PT Vale Indonesia, Endra Kusuma menegaskan, PT Vale akan terus hadir untuk bersinergi dengan Pemerintah Daerah Luwu Timur.

“PT Vale akan terus berkolaborasi demi pengembangan SDM di Luwu Timur sesuai dengan mekanisme dan tata kelola perusahaan. Pengembangan SDM sangat penting baik dari aspek keahlian atau kompetensi (hard skill) dan karakter (soft skill),” kata Endra.