RAKYAT.NEWS, MAKASSAR – Sejumlah Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Selatan (Sulsel) mengirimkan bantuan untuk korban bencana banjir dan longsor di Kabupaten Luwu, Jumat (10/5/2024).

Pelepasan pengiriman bantuan berlangsung di Kantor Gubernur Sulawesi Selatan.

“Selain bantuan dana yang terkumpul sebanyak Rp289 juta terdapat bantuan barang berupa beras, sembako, susu, peralatan untuk bayi, air mineral, terpal, karpet plastik, sikat gigi, sabun mandi, sabun cuci. Ini banyak sekali yang terkumpul yang kalau dirupiahkan kira-kira bisa mencapai Rp1 miliar,” kata Sekertaris Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sulawesi Selatan, Devo Khadafi.

Sebagian dari bantuan tersebut, sebelumnya telah disalurkan lebih awal ke Posko Induk di Luwu dan penyaluran kali ini yang akan maksimalkan pemenuhan kebutuhan korban bencana.

Devo melaporkan kondisi terakhir di lokasi bencana. Sejumlah akses ke sejumlah desa yang terisolir sudah mulai terbuka. Namun, kondisi cuaca yang sering hujan juga mengakibatkan longsor di beberapa tempat.

Untuk itu, Ia berharap dengan koordinasi dan kerjasama stakeholder yang ada dalam upaya penanganan, terutama dalam membantu pemulihan kondisi pasca bencana di daerah-daerah terdampak, bisa tertangani dengan cepat.