RAKYAT.NEWS, WAJO – Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan, mencanangkan Gerakan Peduli Stunting (Gadis) 2024 serta Kampanye Makan Telur, di Rumah Jabatan Wajo, Jalan Veteran, Sengkang, pada Senin (22/4/2024).

Setidaknya 20 ribu orang balita dan juga ibu hamil dari 24 kabupaten/kota di Sulawesi Selatan, mengikuti program ini. 23 diantaranya hadir secara virtual.

menghadirkan 400 Anak Balita dari KPM PKH dan 400 Ibu Hamil, sementara Kabupaten Wajo menghadirkan 1000 Anak Balita dari KPM PKH dan 1000 Ibu hamil. Ada juga pembagian mainan kepada anak-anak.

Kegiatan yang diselenggarakan oleh Dinas Sosial Provinsi Sulsel ini, sebagai wujud komitmen untuk mewujudkan Sulsel bebas stunting menuju generasi Indonesia emas. Dengan memastikan bahwa setiap anak dan ibu hamil mendapatkan akses terhadap sumber protein yang berkualitas.

Upaya ini merupakan respons atas angka sebaran prevalensi stunting Sulsel berdasarkan Survey Kesehatan Indonesia (SKI) tahun 2023 mencapai angka 27,4 persen. Olehnya itu diperlukan upaya yang massif dan berkelanjutan untuk menurunkan angka stunting di Sulsel agar mencapai target nasional yakni 14 persen.

Penjabat Gubernur Sulsel, Bahtiar Baharuddin mengatakan, Hari Ulang Tajun Wajo ke-625 juga menjadi momen launching pembagian telur untuk penanganan stunting di seluruh Sulawesi Selatan.

“Kita launching dari Wajo, kita mulai dari sini karena tanah berkah,” sebutnya.

Pj Ketua TP PKK Sulsel, Sofha Marwah Bahtiar mengungkap, kegiatan ini juga berhubungan dengan peran PKK untuk pengentasan stunting.

“Ada 10 ribu telur untuk dibagikan kepada 24 Kabupaten/Kota,” kata Sofha.

Sofha berharap, kegiatan ini tidak hanya sekali saja. Namun bisa berkelanjutan dengan pendampingan sehingga dapat menurunkan angka prevalensi stunting.

“Mungkin akan ada intervensi karena kita tahu stunting yang ada di Sulsel sudah sangat tinggi, 27,4 persen. Sedangkan Nasional kita ditargetkan 14 persen. Memang agak berat, tapi kita yakin stunting di Sulsel bisa turun. Salah satunya dengan program ini, dulu ada gemar makan ikan, sekarang gemar makan telur,” jelasnya.