RAKYAT.NEWS, MAKASSAR – Direktur Jenderal (Dirjen) Politik dan Pemerintahan Umum (Polpum), Bahtiar resmi ditunjuk menjadi Penjabat (Pj) Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel) oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) menggantikan Andi Sudirman Sulaiman.

Hal tersebut disampaikan oleh Ketua Komisi E DPRD Sulsel, Rahman Pina. “(Sudah) Fix (Bahtiar ditunjuk jadi Pj Gubernur Sulsel). Cuma formalnya kita tunggu surat resmi atau SK,” kata Rahman Pina dilansir dari detikSulsel, Jumat, 1 September 2023.

Rahman menuturkan dokumen resmi itu meliputi pemberitahuan penunjukan Bahtiar sebagai Pj Gubernur Sulsel. Dokumen itu juga sekaligus undangan pelantikan ke pimpinan DPRD Sulsel.

“(Dokumen itu isinya) pemberitahuan dan tentu undangan pelantikan ke pimpinan DPRD,” sebutnya.

Sebelumnya, Rahman Pina membeberkan kabar bahwa Bahtiar ditunjuk oleh Jokowi sebagai Pj Gubernur Sulsel. Namun dia mengaku masih menunggu informasi resmi.

“Iye, infonya begitu (Bahtiar ditunjuk Pj Gubernur). Tadi sore diputuskan. Tentu kita tunggu putusan resmi,” kata Rahman Pina dikutip dari detikSulsel, Kamis, 31 Agustus 2023.

Dia berharap informasi itu betul adanya. Sebab, menurut Rahman, sosok Bahtiar adalah birokrat andal yang memahami konteks Sulsel.

“Tapi kalau betul Pak Bahtiar, saya kira ini sangat bagus. Beliau birokrat tulen, sangat memahami kondisi pemerintah daerah,” paparnya.

Diketahui, Bahtiar merupakan putra Kabupaten Bone yang lahir 16 Januari 1971. Bahtiar merupakan lulusan Institut Ilmu Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) pada tahun 2000.

Ia memulai kariernya di Kemendagri setelah lulus Sekolah Pemerintahan Dalam Negeri (STPDN) Jatinangor pada 1995. Kini ia memegang amanah sebagai Dirjen Politik dan Pemerintahan Umum Kemendagri.

Sepak terjang Bahtiar di bidang pemerintahan cukup malang melintang, mulai dari Pjs Gubernur Kepulauan Riau (Kepri) tahun 2020 hingga diusulkan menjadi Pj Gubernur DKI Jakarta menggantikan Anies Baswedan. Kini Bahtiar akhirnya ditunjuk sebagai Pj Gubernur Sulsel untuk menggantikan Andi Sudirman Sulaiman pada 5 September mendatang.