RAKYAT.NEWS, MAKASSAR – Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel), Andi Sudirman Sulaiman meresmikan jembatan pelengkung rangka baja terpanjang Sulsel, jembatan Andalan Pacongkang di Kabupaten Soppeng diresmikan, Rabu, 23 Agustus 2023.

 

“Alhamdulillah, meresmikan Jembatan pelengkung rangka baja terpanjang di Sulsel, jembatan Andalan Pacongkang di Kabupaten Soppeng,” kata Andi Sudirman.

 

Pembangunan dilakukan dalam tiga tahap. Struktur jembatan dengan rangka baja pelengkung. Dengan panjang bentangan pada bagian tengah 128 meter, bentang kiri kanan masing-masing 25 meter. atau total bentang sepanjang 180 meter, dan lebar 7 meter, beserta dukungan trotoar kiri dan kanan masing-masing 1 meter.

 

“Jembatan ini dibangun dengan anggaran Rp75 miliar APBD Provinsi, murni di luar anggaran bangunan pendukung lainnya,” ujarnya.

 

Ini akan menggantikan jembatan gantung kayu yang sudah dibangun sejak 30 tahun lalu atau tepatnya pada tahun 1993. Sehingga tidak aman lagi digunakan masyarakat.

 

“Ini rampung dan bisa dinikmati manfaatnya untuk masyarakat dari Soppeng ke lokasi wisata Citta,” sebut Andi Sudirman.

 

Jembatan ini dilengkapi alat untuk meredam gempa dengan teknologi lead rubber bearing.

 

“Teknologi anti gempa, ada peredam anti gempa. Harapan kita tentu adalah hanya semacam upaya kita, ikhtiar kita dalam bentuk proteksi preventif,” kata Andi Sudirman.

 

Lead Rubber Bearing (LRB) adalah salah satu jenis sistem pelindung gempa yang digunakan pada infrastruktur bangunan, jembatan, dan lainnya. LRB memungkinkan bangunan tetap berdiri meskipun terjadi gempa dengan kekuatan besar.

 

Sementara itu, Bupati Soppeng, Kaswadi Razak menyampaikan, atas nama Pemerintah dan masyarakat Kabupaten Soppeng terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Bapak Gubernur Sulsel atas perhatian kepada Soppeng.