RAKYAT.NEWS, Makassar – Anggaran miliaran rupiah bakal mengalir ke Kabupaten Barru yang dialokasikan untuk membangun sejumlah ruas jalan. Tujuannya, untuk memangkas waktu tempuh sehinggga perputaran barang dan jasa bisa lebih maksimal dukung peningkatkan pertumbuhan ekonomi di daerah tersebut.

“Barru ini menjadi wilayah strategis. Apalagi di sini wilayah perlintasan kereta (Makassar – Parepare). Sehingga perlu menghadirkan infrastruktur untuk mendukung perputaran barang dan jasa yang pada ujungnya meningkatkan pertumbuhan ekonomi,” kata Andi Sudirman Sulaiman, Gubernur Sulsel pada pada Rapat Paripurna 63 Tahun Barru di Gedung MPP Masiga Center, Minggu, 26 Februari 2023.

Dia menjelaskan tahun tahun 2022 lalu, Pemprov Sulsel melakukan penanganan ruas Pekkae – Takkala yang menghubungkan Barru-Soppeng. Di Kabupaten Barru mengalokasikan dengan nilai Rp33,4 miliar.

“Program strategis untuk jalan tembus wisata Takkalasi – Baenange – Lawo. Sedangkan tahun ini akan dilanjutkan pada segmen Barru dan Soppeng dengan anggaran Rp73,2 miliar,” ujar Andfi Sudirman sebagaimana dalam keterangan tertulisnya yang diterima redaksi, Senin, 27 Februari 2023.

Perlintasan ini, kata Andi Sudirman lagi, akan membuka wilayah terisolir serta memangkas waktu tempuh. Jika biasanya melakui Bulu Dua menempuh jarak sekitar 70 km. Namun, melalui ruas Takkalasi – Bainange – Lawo hanya menempuh 38 km. Artinya bisa mempersingkat perjalanan sekitar 30 km.

“Bisa mempersingkat jarak sekitar 38 km dibandingkan harus melewati Bulu Dua. Alhamdulillah, Bulu Dua juga sudah dikerjakan, Insya Allah akan kita lanjutkan tahun ini dengan alokasi Rp 20 Miliar di Barru dengan fokus pada segmen yang rusak berat,” ujarnya seraya menambahkan, ruas jalan ini merupakan salah satu paket proyek terbesar di Pemprov Sulsel dengan total alokasi mencapai Rp 200 miliar.