RAKYAT NEWS, MAKASSAR – Debat terbuka perdana Pilgub Sulsel 2024, Senin (28/10/24) menjadi panggung untuk pasangan nomor urut 2 Andi Sudirman Sulaiman-Fatmawati Rusdi (Andalan Hati).

 

Di sesi pembuka debat kandidat, pasangan yang dikenal konsisten tidak menjelek-jelekkan kandidat lain ini, tampil memukau dengan memaparkan visi-misinya. Bukan sekadar janji-janji, tapi sebagian sudah dijalankan saat Andi Sudirman menjabat Gubernur Sulsel 2021-2023.

 

Hal itu diungkapkan Andalan Hati dalam debat perdana Pilgub Sulsel di Hotel Four Points by Sheraton, Jalan Andi Djemma, Makassar, Senin (28/10/2024) malam. Sebanyak 45 program yang dihadirkan Andalan Hati, seluruhnya terumus dalam 8 misi yang berisi dari berbagai sektor.

 

“Andalan Hati untuk Sulsel Maju dan Berkarakter. Sulsel Maju dalam artian melanjutkan pembangunan yang kami telah letakkan fondasi yang kuat pada periode kami menjabat sebelumnya. Karakternya adalah sipakatau, sipakalebbi, sipakainge untuk menuju Indonesia Emas 2045,” beber Andi Sudirman.

 

Diketahui, sebagian besar program yang dirumuskan untuk melanjutkan dari program yang telah dilakukan semasa Andi Sudirman saat menjabat Gubernur Sulsel periode 2021-2023 lalu.

 

Sektor infrastruktur menjadi salah prioritas. Sejumlah ruas jalan telah ditangani, baik untuk ruas jalan provinsi maupun ruas jalan kabupaten/kota melalui mekanisme bantuan keuangan.

 

Lalu, Andi Sudirman telah tangani sejumlah ruas jalan provinsi dan jalan kabupaten/kota, di antaranya jalan-jalan LHR (lalu lintas harian rata-rata) tinggi, seperti ruas Paleteang-Malaga-Kabere, sejumlah ruas jalan di Pattalassang, termasuk membuka akses wilayah terisolir seperti ruas Letta-Kariango di Pinrang, Takkalasi-Bainange-Lawo di Barru-Soppeng, dan masih banyak ruas lainnya.

 

Dalam hal mitigasi bencana, telah dibangun tanggul pengaman abrasi di beberapa tiitk di Kabupaten Takalar sepanjang 1,6 km dan pembangunan Cekdam Kasiping di Kabupaten Bantaeng.

 

Termasuk dalam mendukung sarana dan prasarana pendukung sektor pariwisata, di antaranya Wisata Ollon di Tana Toraja dan Kawasan Wisata Rammang-Rlrammang di Kabupaten Maros. Andi Sudirman juga membawa Sulsel sebagai provinsi yang memiliki Desa Wisata terbanyak dengan mengusulkan 465 desa.

 

Di sektor kesehatan, Andi Sudirman berhasil menghadirkan fasilitas kesehatan RSUD La Mappapenning dan mendukung kehadiran RS Kemenkes Makassar untuk penanganan otak, jantung, dan kanker.

 

Di sektor pendidikan, di antaranya mengusulkan 10.587 kuota guru honorer menjadi PPPK, menghadirkan sarana pembelajaran Smart School.

 

Pada sektor pertanian, menghadirkan inovasi mandiri benih padi yang unggul dibagikan gratis kepada petani yang ditanam pada 200 ribu hektare lahan. Termasuk dalam pemberdayaan perempuan dan difabel, maupun sektor lainnya.

 

“Andalan telah bekerja, meletakkan fondasi pembanguan multisektoral. Saya bersama Bapak Andi Sudirman Sulaiman siap melanjutkan pembangunan untuk Sulawesi Selatan lebih maju berkarakter,” kata Fatmawati.