RAKYAT.NEWS, MAKASSAR – Mantan anggota DPR RI dua periode dan tokoh masyarakat asal Sulawesi Selatan, Andi Jamaro Dulung optimis akan bekerja untuk hadirkan pemekaran provinsi baru di Pulau Sulawesi.

Ia menyebut kalau pemekaran provinsi baru ini akan terdiri dari enam Kabupaten yang ada di Sulsel. Antara lain yaitu Kabupaten Bone, Soppeng, Wajo, Sinjai, Bulukumba dan Kepulauan Selayar.

“Ada enam kabupaten yang akan tergabung yaitu Bone, Soppeng, Wajo, Sinjai Bulukumba dan Kepulauan Selayar,” kata Andi Jamaro yang dikenal dengan nama akronim AJD saat ditemui RakyatdotNews di Kedai 17, Makassar, Selasa (24/8/2024).

Keseriusan AJD untuk serukan provinsi baru ini berasal sejak ia ditunjuk sebagai ketua tim penggagas provinsi baru di Sulawesi oleh Forum Komunikasi Masyarakat (FKM) Bone Raya.

Ia kemudian menargetkan bahwa selama 300 hari ke depan, Keputusan Presiden (Keppres) untuk provinsi baru ini sudah terbit.

“Sejak tgl 7 September 2024, saya diamanahkan oleh FKM Bone Raya sebagai ketua tim untuk menggagas provinsi baru di Sulsel. Sejak itu, kami target 300 hari ke depan Keppres dari pusat sudah terbit,” jelas mantan Ketua PBNU periode 1999-2009 tersebut.

Lanjut kata AJD yang juga mantan Ketua PP Pemuda Anshor, pemekaran provinsi baru ini lahir dari sistem bottom-up, atau berasal dari aspirasi nurani masyarakat yang ada di enam kabupaten tersebut.

“Pemekaran ini lahir dari bottom up aspirasi murni masyarakat. Beda dengan pemekaran di Papua yang melalui top-down,” imbuhnya.

Adapun nama yang akan digagas AJD untuk provinsi baru ini terdiri dari dua opsi, yaitu Bone Raya atau Sulawesi Timur.

“Namanya Bone Raya ataupun Sulawesi Timur. Namun yang terpenting adalah kota bekerja serius dulu 300 hari ke depan,” tandas Andi Jamaro.