RAKYAT NEWS, SELAYAR – Ketua Dewan Koperasi Indonesia (Dekopin) Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel), Asrullah, mengapresiasi komitmen Penjabat Gubernur Sulsel Prof Zudan Arif Fakhrulloh, terhadap gerakan koperasi.

Hal ini dibuktikan dengan hadirnya Prof Zudan pada peringatan Harkopnas Tingkat Provinsi Sulsel yang dipusatkan di Kabupaten Kepulauan Selayar, Sabtu, 14 September 2024.

Menurut Asrullah, dalam 10 tahun terakhir, baru kali ini peringatan Harkopnas Tingkat Provinsi Sulsel dihadiri oleh gubernur. Hal ini menunjukkan komitmen yang kuat dari Prof Zudan selaku kepala daerah, terhadap gerakan koperasi.

“Insan koperasi Sulsel sangat berbahagia karena gubernur hadir di tengah kita, momentum ini sangat dinantikan insan koperasi. Dalam 10 tahun terakhir, baru kali ini gubernur hadir di tengah kita pada peringatan Harkopnas,” ujarnya, pada Puncak Peringatan Harkopnas yang diselenggarakan di Lapangan Pemuda Benteng.

Pada peringatan Harkopnas ke 77, menurut Asrullah, sesuai tema mengingatkan kita terhadap manifestasi dalam mewujudkan koperasi yang kuat dan masyarakat yang sejahtera.

Ia mengatakan, gerakan koperasi harus memperkuat kelembagaan koperasi dan bisnis koperasi, sehingga pemerintah akan melirik koperasi sebagai lembaga yang seksi untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat.

“Kita butuh pemimpin daerah yang pro terhadap koperasi. Seperti Prof Zudan, Pak Gubernur yang ada di tengah kita,” ujarnya.

Asrullah kemudian mendorong koperasi melakukan merger sehingga terbentuk koperasi yang besar.

“Kami titipkan keberpihakan kebijakan untuk pengembangan koperasi, sehingga menjadi keharusan bagi pemerintah kabupaten kota di Sulsel untuk mengembangkan koperasi,” pungkasnya.

Dalam kesempatan tersebut, pihaknya juga mengumumkan jika peringatan Harkopnas Tingkat Provinsi tahun depan akan dilaksanakan di Kabupaten Jeneponto.