RAKYAT NEWS, SELAYAR – Puncak acara peringatan Hari Koperasi Nasional (Harkopnas) Tingkat Provinsi Sulsel yang dipusatkan di Lapangan Pemuda, Kota Benteng, Kabupaten Kepulauan Selayar, Sabtu malam, 14 September 2024, berlangsung meriah.

Acara ini dihadiri Deputi Perkoperasian Kementrian Koperasi dan UKM Ahmad Zabadi, Penjabat Gubernur Sulsel, Prof Zudan Arif Fakhrulloh, Ketua Dewan Koperasi Indonesia (Dekopin) yang diwakili Agung Sujatmoko, Ketua Dekopin Provinsi Sulsel Asrullah, serta Bupati dan Wali Kota se Sulsel atau yang mewakili.

Puncak acara dibuka dengan tarian yang dipersembahkan Sanggar Tari Passiana, yang menampilkan Tari A’munte Sibatu A’bulo Sipappa, juga ada atraksi tarian Pepe-pepeka RI Makka.

Selain peserta dari 24 kabupaten kota, puncak acara Harkopnas ini juga dipadati oleh warga lokal Kabupaten Kepulauan Selayar sebagai tuan rumah. Suasana semakin meriah dengan penampilan artis dangdut Ichal D’Academy.

Ketua Panitia Harkopnas Provinsi Sulsel, Mustang Umar, menyampaikan, peringatan Harkopnas mengusung tema Koperasi Mitra Pemerintah Membangun Ekonomi Daerah yang Berdaulat dan Mandiri Menuju Indonesia Emas.

Sejumlah kegiatan telah dilaksanakan, antara lain Ziarah ke Taman Makam Pahlawan Panaikang Makassar, Bakti Lingkungan, Ekspo UMKM, Lomba Lagu Mars Koperasi dan Nyanyi Solo, Pertandingan Domino, Selayar Fun Run, Jalan Santai, Workshop Perkoperasian, Bakti Sosial, Penghargaan Koperasi Tepat Waktu Menyelenggarakan RAT, juga Penghargaan Bagi Tokoh Penggerak Koperasi.

Jalan santai dan Fun Run Harkopnas merupakan yang terbesar, diikuti 18 ribu peserta. Sedangkan jumlah peserta Harkopnas yang hadir dari 24 kabupaten kota yang datang ke Kepulauan Selayar berjumlah 2.500 orang.