RAKYAT.NEWS, MAKASSAR – Sekretaris Daerah Sulawesi Selatan, Jufri Rahman menghadiri upacara Pemberangkatan Satgas Yonzipur 8/SMG kodam XIV Hasanuddin untuk operasi pengamanan perbatasan darat Indonesia-Malaysia di Kalimantan Utara dan Timur.

Upacara berlangsung di lapangan Mako Danlantamal VI, Makassar pada Sabtu (17/8/2024). Dalam kesempatan itu, Jufri mengatakan, pihaknya mendukung penuh operasi pengamanan ini.

Satgas yang akan berangkat, dilepas langsung oleh Pangdam XIV Hasanuddin dan diberangkatkan menggunakan kapal dari Angkatan Laut.

“Semoga semuanya berjalan dengan lancar, dan ini sebagai bentuk wujud nyata hubungan erat antara pemerintah provinsi dengan TNI – Polri dalam hal ini Musyawarah Pimpinan Daerah (Muspida),” ucap Jufri.

Jufri berharap, kerja sama antara Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan dengan TNI-Polri semakin harmonis dan berjalan akrab, saling mendukung dalam menjalankan tugas dan fungsi masing-masing.

Sementara itu, Pangdam XIV Hasanuddin, Mayjen TNI Bobby Rinal Makmun, mengucapkan selamat bertugas kepada 350 orang prajurit TNI satgas Yonzipur 8 Sakti Mandraguna (SMG) yang telah mendapatkan kepercayaan dari pimpinan TNI, bangsa dan negara dalam mengemban tugas operasi pengamanan perbatasan ini.

Untuk itu, penugasan operasi pengamanan perbatasan ini sebagai wujud nyata sebagai pengabdian seorang prajurit kepada negara dan bangsanya demi kedaulatan negara dalam memperkokoh persatuan dan kesatuan bangsa.

Selain itu, perlu disadari bahwa perbatasan negara merupakan manifestasi utama kedaulatan suatu negara yang memiliki peranan penting dalam penuturan batas wilayah sumber kekayaan serta menjaga pengamanan dan keutuhan wilayah.

“Operasi pengamanan perbatasan ini adalah suatu kehormatan, berbesar hatilah karena tidak semua prajurit mendapatkan kesempatan seperti ini, satukan tekad untuk berhasil menjalankan tugas,” ungkap Pangdam XIV Hasanuddin Bobby Rinal Makmun.

Untuk itu, sebelum berangkat ke medan operasi, beberapa petunjuk yang harus dipedomani yaitu tingkatkan keimanan dan ketaqwaan senantiasa beribadah dimanapun berada dalam bertugas, pegang teguh sapta marga sumpah prajurit dan 8 wajib TNI serta pedomani tugas pokok TNI yaitu menjaga kedaulatan bangsa sebagai satgas pengamanan perbatasan negara.