RAKYAT.NEWS, SULSEL – Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kabupaten Jeneponto H. Mitradhyanto, di dampingi Sekretaris DKP Mansur Rahman, Kabid Pengelolaan Perikanan Budi Daya Marlina Lahabo, Kabid Pengelolaan Budi Daya Tangkap Irmawati beserta staf melakukan peninjauan petani rumput laut, di Pabiringa, Kelurahan Biringkassi, Kecamatan Binamu, Kabupaten Jeneponto, Rabu (10/7/2024).

Pada kunjungan lapangan ini, Kepala DKP Jeneponto Mitradhyanto dan tim terjun langsung melihat kondisi rumput laut yang sudah dipanen dalam kondisi di jemur.

“Kali ini kami melakukan peninjauan rumput laut untuk melihat secara langsung kualitas rumput laut dan memantau harga agar petani tidak merugi saat menjual rumput laut mereka,” jelas Mitradhyanto.

Sementara untuk ketersediaan bibit, kami telah menyarankan agar selalu mengutamakan atau mempertahankan kebun bibit rumput laut seperti jenis Cottonii dan SP.

“Alhamdulillah hal ini sudah mulai berangsur-angsur diterapkan oleh pembudidaya rumput laut jenis cottoni dan SP,” terang Kepala DKP Mitradhyanto.

Sementara Kabid Pengelolaan Perikanan Budi Daya DKP Jeneponto Marlina Lahabo mengatakan pentingnya untuk memahami persyaratan lingkungan yang diperlukan oleh jenis rumput laut yang ingin pembudidaya kita bibitkan, termasuk suhu air, cahaya, dan salinitas.

Selain itu, praktik budidaya yang baik, seperti pemantauan rutin dan kontrol penyakit, juga penting untuk kesuksesan pembibitan rumput laut. Karena faktor cuaca sangat mempengaruhi kualitas rumput laut termasuk banyaknya rumput laut yang terlepas dari tali karena hempasan ombak yang keras, pungkas Marlina. (*)