RAKYAT.NEWS, JAKARTA – Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan meraih penghargaan Anugerah Merdeka Belajar 2024 dari Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) untuk kategori Pemerintah Provinsi Terbaik dalam Transformasi Pembelajaran Merdeka Belajar.

Penghargaan tersebut diserahkan Mendikbudristek, Nadiem Makarim kepada Penjabat Gubernur Sulawesi Selatan, Prof Zudan Arif Fakrulloh, di Jakarta, Jumat (5/7/2024).

Anugerah Merdeka Belajar 2024 ini sebagai apresiasi kepada Pemerintah Daerah Provinsi dan Kabupaten/Kota dalam mengembangkan dan mengimplentasikan program Merdeka Belajar yang digagas oleh Kemendikbudristek RI.

Prof Zudan menjelaskan, Provinsi Sulawesi Selatan mendapatkan penghargaan Anugerah Merdeka Belajar dari Menteri Pendidikan dengan kategori Tranformasi Pembelajaran.

“Saya mengucapkan terima kasih. Di seluruh Sulawesi Selatan, sudah ada 559 SMA dan 234 SMK yang sudah menyelenggarakan kurikulum Merdeka Belajar,” ungkap Prof Zudan.

Menurut Prof Zudan, jumlah sekolah yang menerapkan Merdeka Belajar ini adalah salah satu yang terbanyak di Indonesia.

“Jadi program dari Menteri Pendidikan sudah dilaksanakan oleh Provinsi Sulawesi Selatan, program Merdeka Belajar terbaik dan terbanyak yang diselenggarakan di Sulawesi Selatan,” kata Prof Zudan.

Prof Zudan menilai, pencapaian tersebut tentu butuh kerja keras dan butuh media-media belajar yang jauh lebih inovatif dan lebih kreatif, sehingga sampai ke seluruh siswa untuk maksimal lagi.

“Selamat untuk seluruh jajaran dinas pendidikan, para guru dan seluruh siswa yang sudah menerapkan Merdeka Belajar,” ujarnya.