MAKASSAR — Gubernur Sulawesi Selatan, Andi Sudirman Sulaiman menerima kunjungan Kapoksahli Danpushidrosal (Kepala Tim Inspeksi Pushidrosal) TNI AL, Laksamana Pertama TNI Suhendro dan Wakil Komandan (Wadan) Lantamal VI, Kolonel Marinir Marsono, S.A.P. di Rumah Jabatan Gubernur Sulsel, Selasa (27/9).

Baca Juga: Pemprov Sulsel Raih Apresiasi Permohonan Tertinggi di DJKI dari Kemenkumham

Bersama Kadisgeomar, Komandan KRI Rigel 933, Palaksa KRI Rigel 933, melaporkan terkait KRI Rigel 933 sedang melaksanakan kegiatan Operasi Survei dan Pemetaan Hidro-oseanografi di perairan ALKI II Selat Makassar Segmen 2 dan Perairan Pelabuhan Majene dalam rangka pemutakhiran data hidrografi, oseanografi, meterologi, dan geografis maritim untuk pelaksanaan navigasi pelayaran. Kapal ini milik TNI-AL di bawah pembinaan Pushidrosal dan melaksanakan inspeksi dan evaluasi hingga 28 September.

Hal itu mendapat dukungan dari Gubernur Sulsel karena TNI AL merupakan mitra strategis pemerintah.

“TNI Angakatan Laut adalah mitra strategis kami di Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan. Tentu kami mendukung kegiatan yang dilaksanakan oleh Pushidrosal di Sulsel, apalagi kegiatan merupakan bagian dari keamanan wilayah dan pembangunan nasional,” kata Andi Sudirman Sulaiman.

Tim ini juga memaparkan kondisi geografis Sulsel melalui beberapa peta, termasuk peta Alur Laut Kepulauan Indonesia (ALKI) II untuk Laut Sulawesi melintasi Selat Makasar, Laut Flores, dan Selat Lombok ke Samudera Hindia.

Gubernur menyebutkan data yang ada pada peta juga dapat bermanfaat memastikan dan mengamankan aset yang dimiliki oleh Pemerintah Daerah karena data yang sangat lengkap dari tahun ke tahun. Termasuk tanah yang direklamasi.

“Ini bisa kami dapatkan? Termasuk tahun 1997 sampai sekarang. Jadi ini bisa kita overlay, tahun di mana yang bergeser dan dicek perizinannya. Ini penyajian datanya luar biasa,” sebut Andi Sudirman.