RAKYAT NEWS, SIDRAP – Pemerintah Kabupaten Sidrap menggelar Musyawarah Perencanaan Pembangunan Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (Musrenbang RPJPD) 2025-2045 di Cafe Hadide, Rabu (22/5/2024).

Musrenbang RPJPD 2025-2045 ini diikuti para perwakilan instansi vertikal, OPD, camat, kepala desa, BUMN, BUMD, akademisi, tokoh masyarakat/adat, ormas, asosiasi profesi, penggiat lingkungan dan media serta forum anak.

Acara dengan tema “Sidenreng Rappang sebagai Pusat Pertumbuhan Ekonomi Baru yang Maju dan Berkelanjutan”, dibuka Pj. Bupati Sidrap diwakili Asisten Pemerintahan dan Kesra, Muhammad Iqbal.

Hadir di kesempatan itu Pelaksana Harian (Plh.) Kepala Bappelitbangda Sulsel, H. Andi Bakti Haruni, Asisten Administrasi Umum sekaligus Plt Kepala Bappelitbangda Sidrap, Nasruddin Waris, Kasdim 1420, Mayor Arm Arie Widarto, Kasat Binmas Polres Sidrap, AKP Zakaria, dan Kasi Inteljen Kejari Sidrap, Zainal Abidin Salampessy.

Plh. Kepala Bappelitbanga Sulsel, Bakti Haruni mengatakan, musrenbang RPJPD ini merupakan tahapan wajib yang dilaksanakan untuk menyempurnakan rancangan RPJPD 2025-2045.

“Kesempatan ini harus kita manfaatkan, dan saya mengajak seluruh pihak mengambil bagian dalam proses perencanaan pembangunan di Kabupaten Sidrap untuk 20 tahun ke depan,” ajak Bakti yang hadir mewakili Pj. Gubernur Sulsel, Prof Zudan Arif Fakrulloh.

Ia selanjutnya mengingatkan, perencanaan harus memiliki indikator yang jelas dan terukur dan memperhatikan tertib pelaksanaan dengan menekankan prioritas yang memiliki daya ungkit yang tinggi dan relevan dengan provinsi daerah.

Untuk mencapai hal tersebut, kata Bakti Haruni, dibutuhkan kerja yang terintegrasi, tepadu, terarah, fokus dan terukur pada seluruh level pemerintahan.

Selain mempertimbangkan dengan kondisi daerah saat ini, ia juga meminta untuk memperhatikan isu global yang saat ini berkembang di dunia seperti geopolitik, kemajuan teknologi, peningkatan urbanisasi, serta perubahan iklim.