RAKYAT NEWS, GOWA — PJ Sekda Makassar, Firman Hamid Pagarra ikut hadir dalam Peringatan Haul ke 354 Mallombassi Daeng Mattawang Karaeng Bontomangape Sultan Hasanuddin Tumenanga Ri Balla Pangka’na atau di kenal dengan pahlawan nasional Sultan Hasanuddin.

Haul ini diperingati langsung di Kompleks Makam Sultan Hasanuddin, dengan berbagai rangkaian acara salah satunya upacara adat hingga appadongko bunga atau menabur bunga ke makam Sultan Hasanuddin, Rabu (12/06/2024).

Pada kesempatan ini, Firman Pagarra mendapat kehormatan untuk memberikan sambutan dihadapan seluruh raja-raja dari berbagai daerah serta keturunannya.

Dalam sambutannya, Firman mengajak kepada seluruh hadirin untuk menjadikan haul ini sebagai washilah untuk memperkuat silatuhrahmi dan menjadi momentum pelestarian nilai budaya.

Dia menyembutkan peringatan haul ini mengandung banyak nilai-nilai sejarah yang kuat untuk mengingat kembali perjuangan sosok ayam jantan dari timur yang disegani dunia.

“Saat ini mari kita mengambil hikmah dengan mengenang jasa dan hasil perjuangan sultan hasanuddin yang selama ini menjadi legenda suri tauladan perjuangan selama pengabdiannya kepada masyarakat,” ucapnya.

Ia pun berpesan kepada generasi penerus untuk mengambil setiap kepemimpinan dan perjuangan Sultan Hasanuddin sebagai contoh dan mengamalkannya lewat perilaku di kehidupan kedepannya.

Pada kesempatan ini pula, Firman Pagarra mengundang langsung para Raja dan hadirin untuk hadir pada F8 Makassar yang akan digelar pada bulan juli 2024 mendatang.

“Makassar sangat menjunjung tinggi budaya. Karenanya saya dengan hormat mengundang langsung para hadirin di sini untuk menghadiri F8 Makassar di Bulan juli tahun ini. Festival tingkat international tersebut menampilkan banyak hal salah satunya keindahan budaya beserta nilai-nilainya,” ungkap Firman.

Sementara, Kepangerangan Merdiko Praja, Mangkualam II (Raja Mangku Alam Yogjakarta) Daerah Istimewa Yogyakarta) yang juga hadir dalam kesempatan ini mengucapkan terimakasih secara langsung kepada Pemerintah Kota Makassar atas partisipasi penuhnya untuk kesuksesan acara haul ke 354 Sultan Hasanuddin.