RAKYAT NEWS, PAREPARE – Seorang wanita yang bernama Suginda (44) meminta sumbangan kepada warga-warga yang mengatasnamakan Panti Asuhan Mutmainna.

Namun, aksinya ketahuan oleh pemilik panti yang bernama Fitri (33) saat hendak meminta sumbangan di rumah Fitri di Jalan Kebun Sayur, Kelurahan Bukit Indah, Kecamatan Soreang, Kota Parepare pada Jumat (5/4/2024).

Menurutnya, pelaku sudah setahun lebih ditipu oleh pelaku yang sering mendatanginya dengan meminta uang sumbangan.

“Sudah setahun lebih ini saya dan ibu ditipu pelaku (Suginda),” katanya, Sabtu (13/4/2024), dikutip dari detiksulsel.

Dia mengatakan pelaku menunjukkan surat permintaan sumbangan dari Panti Asuhan, sehingga dia sama sekali tidak curiga akan aksinya.

“Ada surat dia bawa jadi kami tidak curiga bahwa ini penipu atau bukan orang panti yang datang,” tutur Fitri.

Setiap kali pelaku datang, dirinya selalu memberikan sumbangan dengan niat untuk membantu anak-anak dipanti asuhan, namun uang tersebut nyatanya digunakan untuk kepentingan pribadi.

“Tiap Jumat dia datang dan selalu dikasih. Niat kami tentu ingin membantu anak-anak di panti tetapi justru dia manfaatkan untuk pribadi,” imbuhnya.

Kemudian, aksi pelaku terbongkar saat ibunya mendatangi Panti Asuhan Mutmainna dan mengklarifikasi terkait pengurus panti yang meminta sumbangan.

Namun, dari pihak panti dengan rasa heran menuturkan tidak pernah ada sumbangan yang diterima selama ini.

“Jadi pernah ibu saya mau kasi masuk sumbangan makanan untuk buka puasa anak-anak di Panti Asuhan Mutmainna terus ibu saya sampaikan bahwa ada pengurus dia kasih sumbangan tiap Jumat, terus heran pengurus panti bilang tidak pernah ada sumbangan yang masuk,” jelasnya.

Alhasil, warga bersama pengurus panti membawa pelaku ke Polsek Soreang dengan harapan beri efek jera agar tidak mengulangi lagi perbuatannya.