RAKYAT.NEWS, MAKASSAR – Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Sulawesi Selatan menyumbangkan anggaran hasil lelang pakaian sebesar Rp146 juta kepada pelaku Usaha Kecil dan Menengah (UKM) dan pengrajin disabilitas.

Anggaran tersebut didapatkan setelah Dekranasda Sulawesi Selatan sukses mengadakan Dekranasda Preloved for Charity, di Hotel Claro Makassar, pada Jumat (29/3/2024).

Dekranasda Preloved for Charity ini melibatkan Ketua Dekranasda Kabupaten/Kota, Ketua Dharma Wanita Persatuan (DWP), Ketua Persit Kartika Chandra Kirana Sulsel, dan Ketua Bhayangkari Sulsel. Pakaian yang dilelang, ditampilkan langsung oleh mereka melalui fashion show.

Pada acara ini, Penjabat Ketua Dekranasda Sulawesi Selatan, Sofha Marwah Bahtiar, melelang dua pakaian miliknya yakni, gamis yang merupakan karya desainer Dian Pelangi ditawar dengan harga Rp10 juta, serta gamis Dubai yang laku dilelang dengan harga Rp15 juta.

Para undangan yang hadir sangat antusias mengikuti lelang. Mereka tak segan menawar dengan harga tinggi pakaian yang ditampilkan dalam fashion show tersebut.

Selain milik Sofha, tiga pakaian yang ditampilkan ditawar dengan harga yang cukup tinggi. Masing-masing yang dikenakan Ketua Dharma Wanita Persatuan Provinsi Sulsel dan Kota Makassar, serta Pj Ketua Dekranasda Kabupaten Sinjai. Pakaian ketiganya laku terjual dengan harga Rp10 juta.

Sofha memberikan apresiasi kepada Ketua Dekranasda Kabupaten Kota, Ketua DWP, serta Ketua Persit dan Ketua Bhayangkari, yang telah meluangkan waktu dan berpartisipasi pada kegiatan amal ini.

“Barang preloved ini adalah barang berkualitas, memiliki sejarah tersendiri, dan hasilnya akan langsung disumbangkan untuk para pengrajin yang membutuhkan. Kegiatan ini adalah kegiatan amal, dan saya berharap kegiatan seperti ini terus dikembangkan dan kita terus memperhatikan keterampilan para pengrajin kita,” kata Sofha.

Apresiasi juga disampaikan Penjabat Sekretaris Daerah Sulsel, Andi Muhammad Arsjad, saat membuka Dekranasda Preloved for Charity mengatakan, kegiatan ini sekaligus dukungan terhadap program yang dicanangkan Pj Gubernur Sulsel, Bahtiar Baharuddin yakni, Sulsel Ramadan Berbagi Bahagia.