RAKYAT NEWS, GOWA – Kapolres Gowa AKBP R.T.S Simanjuntak, S.H., S.I.K., M.M., M.I.K. bersama dengan tokoh-tokoh terkemuka dari Lembaga Adat Kerajaan Gowa serta pemerintah Kabupaten Gowa, menghadiri acara penganugerahan gelar adat kepada Bapak Leonard Eben Ezer Simanjuntak, S.H., M.H, yang merupakan Kepala Kejaksaan Tinggi Sulawesi Selatan. Acara tersebut juga dirangkaikan dengan kegiatan buka puasa bersama.

Dalam acara yang diselenggarakan di Museum Istana Balla Lompoa, hadir pula berbagai tokoh penting seperti Bupati Gowa, Wakil Bupati Gowa, para PJU Kejaksaan Tinggi Sulsel, Kajari Gowa, Ketua Pengadilan Negeri Sungguminasa, serta undangan lainnya sekitar 100 orang, Senin (25/03/2024).

Gelar adat yang diberikan kepada Bapak Leonard Eben Ezer Simanjuntak adalah “I Manuntungi Daeng Matola,” yang diharapkan menjadi simbol doa dan harapan bagi masyarakat Kabupaten Gowa.

Proses penyerahannya disaksikan oleh sejumlah Keluarga Kerajaan Gowa, dan Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan, yang turut hadir menyematkan songko guru biring bulaeng sebagai tanda diresmikannya pemberian gelar adat tersebut.

Rangkaian kegiatan dimulai dengan pembacaan surat keputusan dari Bupati Gowa, dilanjutkan dengan pembacaan narasi gelar adat Gowa serta pemberian piagam, pin, dan surat keputusan kepada Bapak Leonard Eben Ezer Simanjuntak.

Dalam sambutannya, Andi Syamsudin dari Lembaga Kerajaan Gowa menyampaikan ucapan selamat atas penganugerahan gelar adat kepada Bapak Leonard Eben Ezer Simanjuntak, S.H., M.H, semoga gelar ini membawa berkah bagi beliau.

Selanjutnya, Andi Hasanuddin Andi Baso Erang Dg Sila (Sekertaris Kerajaan Gowa) juga menyampaikan ucapan terima kasih atas penghargaan tersebut, mewakili Raja Gowa yang sedang dalam kondisi kurang sehat.

Bupati Gowa menyampaikan rasa bangganya atas penganugerahan gelar adat kepada Bapak Kajati, mengingat sejarah dan budaya Gowa yang luar biasa. Beliau juga memaparkan rencana pembangunan badan Diklat untuk kejaksaan Indonesia bagian timur serta pembangunan rumah sakit Adhyaksa di Kabupaten Gowa.