RAKYAT.NEWS, MAKASSAR – Penjabat (Pj) Gubernur Sulawesi Selatan, Bahtiar Baharuddin menerima buku karya Rektor Universitas Balikpapan, Isradi Zaenal tentang Ibu Kota Nusantara (IKN), di Rumah Jabatan Gubernur Sulsel, Jalan Sungai Tangka, Makassar, Kamis (21/3/2024).

Sebelumnya, buku yang sama juga telah diberikan ke Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Menteri Pertahanan, Prabowo Subianto.

Saat bertemu Bahtiar, Isradi berbincang tentang visi ekonomi dan pertanian, hubungan antara Sulsel dan Kalimantan Timur, serta konektivitas dan inovasi dalam menyambut hadirnya IKN sebagai daerah penyangga.

“Kami dari Kalimantan Timur, kami bersilaturahmi bahwa kami warga Sulsel ada di sana. Kami malam ini membawakan Buku IKN Nusantara yang saya kaget juga Pak Gubernur ada konsep luar biasa,” kata Isradi.

Terkait visi Sulsel untuk membangun hubungan integrasi dengan IKN, ke depan menurut Bahtiar akan banyak terjadi perubahan landskap baik ekonomi, konektivitas udara dan laut. Ia menilai, ini akan sangat bermanfaat.

“Sulsel itu sejak dulu memberikan suplai yang baik untuk Indonesia. Misalnya kebijakan baru Pak Gubernur terkait Sulsel ini. Saya rasa Sulsel akan semakin punya peran, misalnya hasil pertanian,” sebutnya.

“Sulsel ini sejak dulu menjadi partner Kalimantan Timur dengan IKN akan memiliki peran besar dan sangat istimewa. Baik itu terkait SDM dan suplai pangan,” imbuhnya.

Sulsel juga berada pada posisi strategis yang perlu dimanfaatkan. Baik itu posisi yang berdekatan dengan IKN dan adanya Alur Laut Kepulauan Indonesia (ALKI) II, lintasan laut dalam yang ekonomis dan aman dilalui. Termasuk kapal internasional yang dapat menjadi alternatif lain selain jalur di Selat Malaka.

“Terkait alur kepulauan Indonesia dan itu lengkap, saya suprise malam ini, saya tidak menyangka ada  penjelasan lengkap mengenai ALKI II itu,” ungkapnya.