“Melalui event seperti ini, secara otomatis akan terjadi peningkatan visibilitas UMKM kami. Kami juga berkomitmen untuk terus membangun komunikasi dan kolaborasi dengan komunitas salah satunya yang ada di Sorowako.” jelasnya.

Menurutnya, olahraga memiliki peran penting dalam membentuk karakter dan kepemimpinan pemuda. Olahraga mengajarkan nilai-nilai seperti kerja tim, disiplin, dan ketekunan, yang merupakan kualitas yang sangat diperlukan dalam dunia bisnis dan kewirausahaan.

“Melalui program-program olahraga, pemuda dapat dilatih untuk menjadi pemimpin yang tangguh dan berorientasi pada hasil, yang dapat mereka terapkan dalam mengembangkan UMKM dan ekonomi lokal,” jelasnya.

Ketua Karang Taruna Luwu Timur, Yudi Burhan memaparkan, dengan memadukan potensi pemuda, nilai-nilai olahraga, dan pengembangan ekonomi lokal serta UMKM, ekosistem yang berkelanjutan dan inklusif di tingkat lokal bisa tercipta. Sehingga memberikan manfaat bagi masyarakat luas termasuk turut mewujudkan kemandirian pasca tambang kelas.