RAKYAT.NEWS, PAREPARE – Penjabat (Pj) Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel), Bahtiar Baharuddin berniat mengembalikan kejayaan Kota Parepare sebagai pusat niaga atau perdagangan.

Hal itu Bahtiar sampaikan saat menghadiri peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-64 Kota Parepare di Gedung Auditorium IAIN Parepare, Minggu (18/2/2024).

Bahtiar mendukung penuh pertumbuhan ekonomi Kota Parepare melalui pelabuhan dan pergudangan. Untuk membuat pelabuhan ramai, kata dia, harus didukung dengan produksi yang mumpuni agar kapal-kapal besar masuk mengambil hasil pertanian, hasil kelautan, perikanan, dan peternakan.

“Nah ini harus didukung dengan produksi yang sangat besar dari para petani, nelayan, dan peternak,” kata Bahtiar.

Menurut Bahtiar, Pelabuhan Parepare ini di tahun 1600-an merupakan pusat perdagangan yang sangat ramai dan menjadi pusat pertumbuhan ekonomi bagi masyarakat.

“Kalau hari ini Kota Parepare ingin menjadikan pelabuhan sebagai pusat ekonomi di Parepare, ini sebenarnya bukan menuju kesana tapi mengembalikan kejayaan Parepare di tahun 1600-an. Nah kenapa hal ini kita tidak bisa lakukan?” ujarnya.

Pada momentum tersebut, ia menyampaikan kehebatan Provinsi Sulsel ini tentunya didukung dari daerah-daerah hebat, salah satunya Kota Parepare.

“Gubernur bisa hebat kalau semua pemerintah daerah hebat, kalau wali kota dan bupati yang hebat. Dan atas nama Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan, kami mengucapkan selamat Hari Ulang Tahun Kota Parepare yang ke-64 tahun,” ucapnya.

Sementara itu, Penjabat Wali Kota Parepare, Akbar Ali berharap bantuan dari Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan untuk membantu pengembangan ekonomi melalui sektor pelabuhan dan pergudangan di Kota Parepare.

“Kami butuh bantuan dari Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan sebagai perwakilan pemerintah pusat di daerah,” harapnya.