RAKYAT.NEWS, MAKASSAR – Dinas Kesehatan (Dinkes) Sulawesi Selatan (Sulsel) mengimbau setiap Dinkes pada kabupaten/kota di Sulsel untuk memberikan pemeriksaan kesehatan gratis bagi Pengawas Pemilu Tempat Pemungutan Suara (PTPS) di Pemilu 2024.

Kepala Dinkes Sulsel, Ishaq Iskandar menyampaikan, kebijakan tersebut merupakan imbauan Pj Gubernur Sulsel, Bahtiar Baharuddin sebagai langkah untuk sukseskan Pemilu 2024. Edaran tersebut yakni memberikan fasilitas dan layanan kesehatan untuk Pengawas TPS Pemilu 2024 secara gratis.

“Pengawas TPS Pemilu 2024 secara gratis. Instruksi itu mencakup puskesmas, klinik dan rumah sakit pemerintah, rumah sakit swasta dan rumah sakit TNI-Polri di wilayah masing-masing untuk membantu memberikan pemeriksaan kesehatan secara gratis,” ungkapnya, Senin (15/1/2024).

Ishaq mengatakan pemeriksaan kesehatan itu bertujuan juga untuk menyaring data terkait kesehatan Pengawas TPS, serta memantau fisik dan kondisi kesehatan selama proses pencoblosan.

“Kita harus memantau secara pasti kesehatan Pengawas TPS apakah mereka mampu secara fisik dan kondisi kesehatannya juga menjadi atensi penting apakah mereka bisa lanjut atau tidak,” katanya.

Ishaq mengharapkan agar pengawas TPS dapat menjaga kondisi kesehatannya dengan baik, hal tersebut menjadi satu pelajaran pada pemilu lalu, banyak Pengawas TPS mengalami gangguan kesehatan yang juga berujung pada kematian, baik karena kelelahan ataupun penyebab lainnya.

“Antisipasi kita ini untuk memeriksa semua pengawas yang akan bertugas di TPS nanti, terdeteksi penyakitnya dan kejadian di Pemilu lalu diharapkan agar tidak terjadi lagi pada Pemilu ini,” harapnya.