RAKYAT.NEWS, MAKASSAR – Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) akan membentuk Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPAKD) sampai ke tingkat desa dan kelurahan. Dimaksudkan untuk memperbaiki tatanan ekonomi masyarakat.

Penjabat Gubernur Sulsel, Bahtiar Baharuddin menyampaikan, TPAKD dibentuk untuk mengubah ekonomi masyarakat agar keluar dari kemiskinan ekstrim, stunting dan pengganguran.

Bahtiar akan fokus memaksimalkan keunggulan sektor Pertanian, Perikanan, dan Peternakan di setiap Kabupaten/Kota

“Ada mandat yang belum maksimal, itu namanya TPAKD agar dibentuk sampai kecamatan, desa, dan kelurahan. Saya mau TPAKD di Sulsel ini menjadi yang terbaik di seluruh Indonesia, agar bisa memperbaiki ekonomi masyarakat kita,” katanya, Selasa (9/1/2024).

Penjabat Wali Kota Parepare, Akbar Ali menyetujui usulan tersebut. Menurutnya, memudahkan pihaknya dalam mengakselerasi tingkat kesejahteraan masyarakat.

Ia menilai pembentukan TPAKD sampai di tataran desa maupun kelurahan akan menghindarkan beberapa wilayah dari inflasi yang disebabkan oleh tanaman holtikultura seperti cabai.

“Kami terus melakukan penanaman cabai dari sekarang. InsyaAllah nanti pada saat bulan puasa sudah panen. Kami harapkan TPAKD nantinya bisa meningkatkan percepatan akses keuangan di daerah dalam rangka mendorong pertumbuhan ekonomi daerah serta mewujudkan masyarakat yang lebih sejahtera,” tutupnya.