RAKYAT NEWS, GOWA – Antusias masyarakat Kab Gowa sambut Aliyah Mustika Ilham, Anggota Komisi IX DPR RI. Meski cuaca terbilang ekstrim dengan curah hujan cukup tinggi, tidak menyurutkan semangat mereka untuk berjumpa dengan Legislator DPR RI dari Fraksi Partai Demokrat ini.

Kehadiran Aliyah Mustika Ilham di tengah masyarakat Kab Gowa, selain untuk melepas kerinduan, juga menyajikan sosialisasi guna memberikan pemahaman akan pentingnya pencegahan stunting dari hulu.

“Berharap pemahaman akan stunting oleh seluruh masyarakat, akan melahirkan gerakan bersama, komitmen bersama, untuk wujudkan generasi emas,” tuturnya, di Bechkam Cafe dan Resto, Selasa (12/12/2023).

Sosialisasi ini menghadirkan Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan KB Kab Gowa, Sofyan Daud yang memaparkan tentang stunting, dan cara penanganannya dari Hulu.

“Stunting harus dicegah dari hulu, dengan menyiapkan calon ibu yang sehat, harus dimulai sejak masih remaja,” tuturnya.

Sofyan Daud pun menyampaikan bahwa lahirnya anak stunting bukan semata-mata hanya dikarenakan kekurangan gizi, beberapa aspek turut mempengaruhi, seperti usia pernikahan, serta aspek lingkungan.

“Menikah terlalu dini dapat menjadi salah satu faktor penyebab lahirnya anak stunting, dikarenakan kondisi ibu belum siap secara fisik dan mental,” tuturnya.

Penanganan stunting hanya dapat dilakukan dengan memberikan pendampingan sebelum kehamilan, selama masa kehamilan, hingga pada 1000 hari kelahiran.

“Stunting bukan hanya berdampak pada tubuh anak yang berkembang tidak maksimal, tetapi juga berdampak pada kemampuan berfikir/perkembangan otaknya,” lanjutnya.

Sosialisasi ini juga menghadirkan Perwakilan BKKBN Prov Sulsel, Irma Wahyuni Bachtiar dan Anggota DPRD Prov Sulsel, Rismawati Kadir Nyampa