RAKYAT.NEWS, GOWA – Rumah Detensi Imigrasi (Rudenim) Makassar Kanwil Kemenkumham Sulsel menggelar sosialisasi Service Excellent and Handling Complaint dengan mengundang Bank BRI sebagai narasumber, pada Jumat (14/4/2023)

 

Kegiatan dibuka oleh Kepala Sub Seksi Adminstrasi dan Pelaporan, Rafiah. Selanjutnya sosialisasi Service Excellent and Handling Complaint dibawakan oleh R Yuliarto, Manajer Konsumer Bisnis Bank BRI.

 

Dalam materinya, Yulianto menyampaikan bahwa salah satu bentuk keberhasilan instansi pemerintah dalam pelayanan prima ialah adanya feedback positif pengguna layanan.

 

“Jika ingin meraih Service Excellent dalam instansi, Standar Pelayanan merupakan hal yang wajib ada. Tingkat keberhasilan pelayanan prima dapat diukur dari feedback positif yang diberikan Pengguna Layanan disetiap instansi,” jelasnya.

 

“Ada beberapa faktor yang harus dipenuhi dalam standar layanan : ada Physical, Knowledge, People Aspect, Process, dan Product. Keseluruhan Faktor ini saling berhubungan dan tidak dapat dipisahkan untuk mencapai pelayanan prima,” lanjutnya.

 

Kepala Rudenim Makassar, Alimuddin berharap kegiatan sosialisasi ini akan meningkatkan kualitas SDM Rudenim Makassar.

 

“Kami berharap kegiatan ini memberikan dampak positif kepada seluruh ASN Rudenim Makassar. Sesuai dengan arahan Presiden dengan core values BerAKHLAK, ASN diharapkan selalu bekerja dengan berorientasi pada pelayanan,” pungkasnya.