RAKYAT.NEWS, SULSEL – Kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Ke-122 Tahun Anggaran 2024 yang diselenggarakan oleh Kodim 1425/Jeneponto, Korem 141/Toddopuli, Kodam XIV/Hasanuddin, berjalan dengan lancar di Desa Tuju, Kecamatan Bangkala Barat, Kabupaten Jeneponto, Provinsi Sulawesi Selatan. Kegiatan ini berlangsung pada Senin, 14 Oktober 2024.

Sasaran kegiatan TMMD Ke-122 ini meliputi perintisan dan pelebaran jalan dengan panjang 2.380 meter dan lebar 5 meter, yang saat ini telah mencapai progres sebesar 67 persen.

Pengerjaan ini melibatkan berbagai pihak, termasuk personel TNI, Polri, serta masyarakat setempat, yang bersama-sama ikut serta dalam gotong royong untuk menyukseskan program pembangunan infrastruktur desa.

Dansatgas TMMD, Letkol Inf Muhammad Amin, S.IP., menjelaskan bahwa salah satu sasaran fisik utama TMMD Ke-122 di wilayah Kodim 1425/Jeneponto adalah pengerjaan jalan yang menghubungkan antara Desa Tuju dengan Kelurahan Bulu Jaya. “Karena targetnya cukup besar untuk sasaran fisik pembangunan jalan, kami langsung kebut pengerjaannya sejak Pra TMMD,” ujarnya.

Dalam proses pengerjaan jalan, terdapat penggunaan alat berat yang terdiri dari 2 unit ekskavator, 1 unit grader, dan 1 unit aboma. Dengan alat tersebut, diharapkan proses pembangunan dapat berjalan lebih cepat dan efisien.

Pelaksanaan TMMD ini diharapkan dapat memperlancar akses transportasi di Desa Tuju, sehingga memberikan dampak positif terhadap mobilitas dan perekonomian warga setempat. Letkol Inf Muhammad Amin optimis bahwa semua target fisik yang telah diprogramkan dalam TMMD Ke-122 Kodim 1425/Jeneponto dapat selesai sebelum penutupan kegiatan.

“Melihat progres yang ada, kami yakin semua sasaran fisik akan rampung, termasuk sasaran non-fisik yang akan berjalan sesuai dengan program berkelanjutan,” tuturnya.

Dengan demikian, TMMD Ke-122 diharapkan tidak hanya meningkatkan infrastruktur tapi juga menciptakan sinergi yang lebih kuat antara TNI dan masyarakat. (*)