RAKYAT NEWS, MASAMBA – Sebanyak 35 anggota DPRD Luwu Utara (Lutra) masa jabatan 2024-2029 mengikuti orientasi selama empat hari di Hotel Grand Maleo, Makassar.

Orientasi ini diselenggarakan oleh Sekretariat DPRD Lutra bekerja sama dengan Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Provinsi Sulawesi Selatan.

Sekretaris DPRD Lutra, Muhammad Yamin, SH, menjelaskan bahwa kegiatan ini sesuai dengan Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) Nomor 6 Tahun 2024.

“Pelaksanaan orientasi DPRD Kabupaten dan Kota dilakukan oleh BPSDM Provinsi dengan sistem kerja sama dan fasilitasi,” ujarnya, Rabu (11/9/2024).

Kepala BPSDM Provinsi Sulawesi Selatan, Prof. Dr. Muhammad Jufri, M.Si., M.Psi., Psikolog, yang membuka acara secara resmi, menyebutkan bahwa orientasi ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi, profesionalitas, dan integritas anggota DPRD, baik petahana maupun yang baru terpilih.

“Orientasi ini wajib diikuti bagi setiap anggota dewan yang telah dilantik untuk memberikan pemahaman tentang hak dan kewajiban mereka sebagai anggota dewan,” ungkapnya.

Orientasi ini juga mengacu pada Permendagri No. 14 Tahun 2018 tentang perubahan atas Permendagri Nomor 133 Tahun 2017, yang menyebutkan bahwa orientasi dilakukan sekali di awal masa jabatan.

Dalam orientasi ini, BPSDM Sulsel menghadirkan pemateri yang merupakan pakar di bidangnya masing-masing.