RAKYAT NEWS, SULSEL – Kejuaraan Pacuan Kuda QALBY Cup Jeneponto tahun 2024 siap digelar. QALBY Cup adalah ajang balap pacuan kuda yang akan diadakan di Arena Pacuan Kuda Pantai Karsut, Kabupaten Jeneponto.

Kejuaraan ini diberi nama QALBY Cup, yang mengacu pada nama pemilik Yayasan Megarezki yang juga Calon Wakil Bupati Jeneponto Moch Noer Alim Qalby.

Sementara pelaksanan Kejuaraan Pacuan Kuda QALBY Cup Tahun 2024, akan dilaksanakan pada hari Sabtu dan Minggu, tanggal 14-15 September 2024, di Arena Pacuan Kuda Pantai Karsut.

Pemilik Arena Pacuan Kuda Pantai Karsut Dr. Tahal Fasni mengatakan bahwa kejuaraan ini diadakan dengan tujuan untuk mempromosikan olahraga pacuan kuda dan meningkatkan industri pacuan kuda di Kabupaten Jeneponto.

Event ini akan menarik peserta dari berbagai daerah di Sulsel maupun diluar yang memperebutkan trofi bergengsi dan uang pembinaan bagi kuda pemenang, kata Karaeng Sutte panggilan akrabnya, kepada awak media, Senin (9/9/2024).

Dikatakannya, QALBY Cup Jeneponto 2024 akan diadakan dengan berbagai kategori balap yang meliputi sprint, jarak menengah, dan jarak jauh. Para pemilik, pelatih, dan joki kuda akan bersaing untuk membawa pulang trofi dan hadiah uang pembinaan tersebut

Selain itu, kata Tahal Fasni kejuaraan ini juga akan memberikan pengalaman menyenangkan bagi penonton dengan adanya atraksi dan hiburan lainnya, seperti musik, tarian, makanan dan minuman khas daerah, serta kegiatan lainnya yang dapat dinikmati oleh keluarga dan pecinta pacuan kuda.

Acara ini diharapkan akan menjadi platform penting bagi industri pacuan kuda Jeneponto untuk memperluas jaringan dan meningkatkan popularitas olahraga ini di tingkat nasional dan internasional. (*)