RAKYAT.NEWS, MAKASSAR – Sekretaris Daerah Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel), Jufri Rahman, mengingatkan Aparatur Sipil Negara (ASN) untuk tetap netral menjelang tahapan pendaftaran Calon Walikota dan Calon Gubernur di Komisi Pemilihan Umum (KPU) yang akan dimulai hari ini, Rabu (28/8/2024).

Jufri Rahman menekankan, bahwa pentingnya bagi ASN untuk tetap bersikap netral demi kelancaran dan kedamaian dalam pelaksanaan pemilihan kepala.

“Pentingnya seluruh ASN untuk tetap menjaga netralitasnya pada pilkada tahun ini. Sikap ASN sebagai pelayan publik akan berdampak pada pelaksanaan pelayanan kepada masyarakat pasca pilkada digelar,” kata Jufri dalam program podcast Rakyat.News, Selasa (27/8/2024).

Karena menurutnya, apabila ASN tidak netral maka akan berdampak pada kualitas pelayanan publik pasca kontestasi pilkada 2024.

“Kalau ASN tidak netral, itu akan terbawa ke pelayanan pasca kontestasi pilkada. Ia akan mengkotak-kotakkan yang akan dilayani antara lawan dan kawan. Kepada yang dianggapnya Kawan dia akan bersikap manis, dan yang dianggap lawan dilayani ala kadarnya. Akibatnya, pelayanan publik itu tidak akan dilakukan dengan adil,” jelas Jufri Rahman.

Selain ASN, Jufri Rahman juga memberikan pesan kepada peserta pemilihan sesuai dengan arahan Pj Gubernur Sulsel, Prof Zudan Arif Fakrulloh, untuk bekerja sama guna menyelenggarakan pemilihan yang aman dan damai.

Ia juga menegaskan, bahwa setiap calon pemimpin daerah harus siap menghadapi segala konsekuensi dari dinamika politik yang ada.

“Pasangan calon yang mau bertarung ini harus siap kalah siap menang, yang kalah jangan marah, yang menang jangan jumawa. Kalau kontestasi sudah selesai maka pemenangnya adalah milik rakyat Sulawesi Selatan, dan kita bicara tidak ada sakit hati di dalamnya, karena anda siap kalah siap menang , karna kalau tidak, bahaya. Itu akan berkelanjutan, akan terjadi perpecahan,” tegasnya.

Bagi penyelenggara Pemilihan, Jufri juga menegaskan pentingnya menjalankan tugas secara adil sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Pihak keamanan juga diminta untuk melaksanakan tugas sesuai prosedur masing-masing agar pemilihan berjalan lancar dan aman.

Sementara itu, Direktur PT Rakyat Inti Media, Sabri Sitaba, berharap agar ASN tetap bersikap netral selama Pilkada 2024 demi menjaga dan meningkatkan kualitas pelayanan publik yang ada.

“Tentunya kita berharap para ASN untuk tetap netral selama berlangsungnya kontestasi Pilkada tahun 2024,” harap Sabri.