RAKYAT.NEWS, SULSEL – Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB) Kabupaten Jeneponto menggelar kegiatan Dapur Sehat Atasi Stunting (Dashat) di acara Car Free Day, yang digelar di depan Kantor Bupati Jeneponto, Ahad (25/8/2024).

“Kegiatan Dapur Sehat tersebut digelar untuk mengatasi stunting dengan membagikan makan sehat ke anak balita dan ibu hamil secara gratis,” ungkap Kepala Dinas PPKB Kabupaten Jeneponto dr. HM. Iswan Sanabi, Sp.Rad, MM disela-sela acara Car Free Day.

Pj. Bupati Jeneponto Junaedi sangat mengapresiasi kegiatan Kepala Dinas DPPKB dengan memanfaatkan momen Car free Day untuk melaksanakan kegiatan Dashat (Dapur Sehat Atasi Stunting) serta membagi bagikan makanan sehat untuk pencegahan stunting kepada anak Balita dan ibu hamil.

IMG 20240825 WA0019
Acara Dapur Sehat Atasi Stunting DPPKB Jeneponto

“Saya sangat mengapresiasi inisiatif dari Dapur Sehat dalam memerangi masalah stunting. Stunting merupakan masalah yang serius yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan anak-anak. Melalui program dapur sehat, anak-anak mendapatkan makanan bergizi yang penting untuk pertumbuhan yang sehat,” ujar Junaedi.

Dikatakannya, Dapur Sehat tidak hanya menyediakan makanan sehat, tetapi juga memberikan pendidikan tentang gizi dan nutrisi kepada anak-anak dan ibu-ibu. Hal ini penting karena pengetahuan yang baik tentang makanan bergizi dapat membantu masyarakat dalam membuat pilihan makanan yang tepat.

Selain itu, kata Pj Bupati Junaedi Dapur Sehat juga melibatkan komunitas setempat dalam proses memasak dan penyajian makanan. Ini adalah pendekatan yang bagus, karena melibatkan masyarakat dalam mendapatkan makanan sehat dapat meningkatkan kesadaran mereka akan pentingnya gizi yang seimbang.

IMG 20240825 WA0020
Acara Dapur Sehat Atasi Stunting DPPKB Jeneponto

Dapur Sehat adalah contoh yang baik bagaimana melalui langkah kecil, seperti menyediakan makanan bergizi dan pendidikan gizi, kita dapat mengatasi masalah yang besar seperti stunting. Ini adalah langkah menuju perubahan yang lebih baik bagi generasi mendatang, dan saya berharap program ini dapat diterapkan di tempat-tempat lain untuk membantu melawan stunting.