RAKYAT.NEWS, SULSEL – Gelari Pelangi Pokja 2 Tim Penggerak PKK Kabupaten Jeneponto menggelar kegiatan sosialisasi terkait peningkatan kualitas pendidikan dan pengelolaan ekonomi UMKM. Acara ini bertempat di Ruang Publik Pabicara Kantor Pattiro Jeka, Jeneponto, Rabu (7/8/2024).

Acara ini dihadiri oleh Ketua TP PKK Jeneponto, Sekretaris TP PKK, Founder Rumah Oleh-Oleh Jeneponto, serta anggota Pokja 2 PKK Jeneponto, Lurah Empoang, komunitas UMKM Naik Kelas, UMKM Bangga Buatan Jeneponto, KPNS, dan sejumlah kader PKK Empoang.

Hadir sebagai narasumber dalam kegiatan ini adalah Ketua TP PKK Jeneponto, Sumiati Junaedi, Sekretaris TP PKK Andi Badria Amir, serta Founder Rumah Oleh-Oleh Jeneponto, Suryani Hajar.

Sumiati Junaedi, Ketua TP PKK Jeneponto, menyampaikan bahwa saat ini UMKM Jeneponto membutuhkan pembinaan yang serius untuk meningkatkan pemasaran dan kualitas produk. “Kami sangat ingin melihat UMKM Jeneponto melejit dan menjadi pelopor kemajuan UMKM Sulawesi Selatan dan bahkan Indonesia. TP PKK siap menjembatani kebangkitan UMKM Jeneponto,” ujar Sumiati.

IMG 20240807 WA0064

Selanjutnya, Suryani Hajar, Founder Rumah Oleh-Oleh Jeneponto, menjelaskan perjalanan UMKM di Jeneponto. “Sejak 2020, kemasan produk kami masih memakai plastik bening. Sekarang, selain kemasannya sudah full color, sebagian besar juga sudah memiliki izin dan Hak Kekayaan Intelektual (HAKI),” ungkapnya.

Andi Badria Amir, Sekretaris TP PKK Jeneponto, memberikan respon positif terhadap usulan dari peserta. “Kami menyambut baik usulan para peserta. Itu yang menjadi fokus kami saat ini. Dengan Gelari Pelangi, kami akan berkolaborasi dengan sejumlah komunitas UMKM. Insya Allah, tahun ini kami memilih UMKM Adzkya Rumah Oleh-Oleh Jeneponto sebagai lokus pilot project Gelari Pelangi Pokja 2,” ujar Andi.

Dalam kegiatan ini, juga dilakukan penandatanganan MoU antara TP PKK Jeneponto dengan UMKM Adzkya. Selain itu, UMKM Adzkya memberikan dukungan kepada anggota komunitasnya berupa penyerahan kemasan, yang diserahkan langsung oleh Ketua TP PKK Jeneponto, Sumiati Junaedi.