RAKYAT.NEWS, SULSEL – Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Jeneponto menyelenggarakan kegiatan Pencanangan dan Pembinaan Desa Cinta Statistik (Desa Cantik) di Desa Datara, Kecamatan Bontoramba, Rabu (24/7/2024).

Acara ini dihadiri oleh Pj. Bupati Jeneponto Junaedi Bakri, Kepala BPS Jeneponto, Kadis Kominfo, Kadis PMD, Camat Bontoramba, Kepala Desa Datara, serta tokoh masyarakat, pemuda, perangkat desa dan agen statistik desa.

Kepala BPS Jeneponto Salahuddin menyampaikan bahwa kegiatan yang mengusung tema Pengelolaan Data Desa untuk percepatan pembangunan desa ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya statistik dalam pembangunan desa.

Desa Datara terpilih menjadi pelopor pencanangan desa cantik Jeneponto setelah melalui study observasi dan kolaborasi dengan berbagai pihak, khususnya pemerintah desa.

“Setelah pencanangan ini akan dilakukan pembinaan berkelanjutan. agen statistik desa yang ditunjuk akan ditugaskan dan terus diarahkan untuk konsistensi data desa,” ungkapnya.

Sementara Pj. Bupati Junaedi menyampaikan apresiasinya atas pencanangan desa cinta statistik ini.

“Ini wujud kolaborasi yang baik, dan harus terus berkelanjutan,” ujarnya.

Dikatakannya pula bahwa Kepala Desa Datara telah membangun semangat re inventing government atau konsep mewirausahakan birokrasi.

“Desa Datara ini telah menerapkan pemerintah yang berjiwa usaha. Konsep birokrasi modern. Pemerintahan yang tidak lagi memajak rakyatnya tetapi pemerintah yang mendorong warganya berkreasi dan berwirausaha,” ungkapnya.

Dengan dimulainya di desa datara, mari kita dorong desa yang lain,” harap Junaedi

Dijelaskan pula bahwa kebutuhan data sangat penting untuk menjadi landasan promosi potensi di setiap desa.

“Dengan desa cantik ini diharapkan ada peningkatan kualitas data statistik desa untuk pemanfaatan pengambilan keputusan, perencanaan, monitoring, dan evaluasi pembangunan di desa,” ujar Junaedi.

Menutup sambutannya Junaedi juga menghimbau warga untuk terus menjaga dan memelihara kondisi yang aman, nyaman dan tentram jelang pelaksanaan Pilkada serentak. (*)