RAKYAT.NEWS, BANTAENG – Hujan deras tidak memadamkan semangat peserta Festival Anak Sholeh Indonesia (FASI) XII Tingkat Provinsi Sulawesi Selatan yang berlangsung di Lapangan Pantai Seruni, Kabupaten Bantaeng, Kamis (25/7/2024).

Kegiatan ini diikuti 816 peserta dari 24 Kabupaten/Kota di Sulsel dengan tema “Santri Hebat: Hebat Prestasi, Hebat Mengaji dan Berakhlakul Karimah”.

Penjabat Bupati Bantaeng, Andi Abubakar pada kesempatan itu menyampaikan bahwa pada hari ini terdapat 3 sejarah dalam agenda FASI.

“Pertama ini merupakan tahun pertama FASI dilaksanakan di Kabupaten Bantaeng. Kedua, sejak pertama dilaksanakan ini merupakan FASI pertama yang diikuti oleh 24 Kab/Kota se-Sulawesi selatan, dan merupakan FASI pertama yang pembukaannya dihadiri lengkap oleh Gubernur dan TP PKK Gubernur Sulawesi Selatan,” ujarnya.

Penjabat Gubernur Sulawesi Selatan, Prof. Zudan Arif Fakrulloh, harap Festival Anak Sholeh ke-XII ini menjadi berkah pembuka masa depan anak-anak penerus bangsa.

“Saya mendukung penuh acara ini, semoga dengan melalui Festival anak Sholeh ini kita bisa meningkatkan kualitas keimanan kita dari generasi ke generasi,” tuturnya.

Kegiatan ini merupakan ajang pencarian bakat dan prestasi santri yang dibina melalui Taman Kanak-kanak Al-Qur’an (TKA), Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPA), dan Ta’limul Qur’an Lil Aulad (TQA). Berbagai jenis lomba akan diadakan, mulai dari tingkat kecamatan hingga nasional.

Jenis lomba yang dipertandingkan antara lain, Tartil Al-Qur’an, Tilawah Al-Qur’an, Adzan dan Iqomah, Tahfidz, Nasyid Islami, Ikrar Puitisasi Terjemahan Al-Qur’an, Cerdas Cermat Al-Qur’an, Kisah Islami, Menggambar, Kaligrafi dan Ceramah Agama.