RAKYAT.NEWS, MAKASSAR — Peserta Pelatihan Kepemimpinan Administrator (PKA) Kajian Manajemen Pemerintahan (KMP) Lembaga Administrasi Negara (LAN), akan launching 18 inovasi aksi perubahan.

Untuk itu, mereka menemui Penjabat Sekretariat Daerah Kota Makassar, Firman Hamid Pagarra, untuk meminta dukungan dan kesediaan melaunching sederet inovasi tersebut.

“Kami kesini, meminta dukungan dan kesediaan pak Sekda untuk melaunching proyek inovasi peserta PKA KMP LAN. Rencananya, kami akan launching minggu depan,” kata Kepala Bidang Perumahan dan Kawasan Pemukiman Kota Makassar, Noorhaq Alamsyah saat menemui Firman di ruang kerjanya, Jumat (5/7/2024).

“Jadi kunjungan rombongan PKA LAN ini untuk mengetahui sejauh mana progress proyek aksi perubahannya dan sekaligus meminta dukungan terhadap inovasi aksi tersebut,” kata Firman.

Hal itu, dianggap Firman sebagai langkah untuk kemajuan dan peningkatan pelayanan publik di setiap Organisasi Perangkat Daerah. Ia menganggap, PKA mempersiapkan proyek tersebut dengan matang.

“Saya berharap, peserta PKA ini mempersiapkan segala sesuatunya. Agar, pas launching nanti sudah siap semuanya. Karena proyek aksi ini, akan menjadi pilar perubahan, dan bukan hanya sekadar dijadikan seremoni belaka,” ujarnya.

Noorhaq mengatakan, proyek ini berbeda-beda, tergantung apa yang dibutuhkan dari OPD masing-masing.

“Jadi seperti di Kominfo ada WA blast, di Bencana ada inovasi aplikasi adama tentang tanggap bencana. Jadi berbasis digitalisasi sesuai kebutuhan OPD tempat para peserta berasal,” pungkasnya.

Pada akhir pertemuan, setiap peserta PKA KMP LAN, memperkenalkan inovasi aksi perubahan mereka.