RAKYAT NEWS, GOWA – Tanah Longsor terjadi Gowa, Sulawesi Selatan (Sulsel) hingga menutupi jalan dan menimbulkan kemacetan lalu lintas. Intensitas hujan yang tinggi jadi penyebab longsor di Jalan Poros Malino Benteng Tinggia, Kelurahan Malino, Kecamatan Tinggimoncong pada Minggu (14/4) sekitar pukul 19.00 Wita.

Kasat Lantas Polres Gowa AKP Ida Ayu Made Ari Suastini mengatakan hujan deras yang terjadi sejak sore hari mengakibatkan tanah longsor.

“Terjadinya bencana alam tanah longsor dikarenakan intensitas hujan yang cukup deras mengguyur Kecamatan Tinggimoncong sejak sore hari sehingga terjadi tanah longsor setinggi 10 meter dan lebar 5 meter,” katanya, Minggu (14/4/2024), dikutip dari detiksulsel.

Dia mengatakan dari bencana tersebut, mengakibatkan sebagian jalan tertimbun longsor.

“Akibat dari bencana alam tanah longsor mengakibatkan tertutupnya sebagian badan jalan tertimbun material longsor sepanjang 5 meter. Namun tidak menimbulkan korban jiwa,” tuturnya.

Pihaknya telah berkoordinasi dengan Polsek Tinggimoncong bersama masyarakat membersihkan longsor dengan alat seadanya disekitar lokasi.

“Personel Polsek Tinggimoncong bersama masyarakat yang dipimpin langsung oleh Kapolsek Tinggimoncong Iptu Anwar membersihkan material longsor dengan cara memindahkan material menggunakan alat seadanya agar dapat dilalui kendaraan dari 2 arah,” bebernya.

Dia memastikan saat ini kondisi lalu lintas berangsur sudah normal kembali. Hanya saja, Ida Ayu tak menyebut berapa lama macet berlangsung di ruas jalan tersebut akibat tertutup longsor.

“Untuk saat ini situasi sudah aman dan arus lalu lintas sudah normal kembali,” pungkasnya.