RAKYAT.NEWS, MAKASSAR – Longsor di Kelurahan Manggau, Kecamatan Makale, Kabupaten Tana Toraja, Sulawesi Selatan, yang terjadi pada Sabtu (13/4) sekitar pukul 22.30 WITA, menimbun empat orang warga. Satu diantaranya meninggal.

“Iya benar, ada warga tertimbun longsor, satu orang meninggal dunia dan tiga warga selamat,” kata Kepala BPBD Sulsel, Amson Pandolo, Minggu (14/4/2024), mengutip CNNIndonesia.com.

Longsor terjadi akibat curah hujan yang deras. “Jadi penyebab longsor tersebut karena hujan dengan intensitas sedang hingga tinggi selama beberapa hari dan kondisi tanah yang tidak stabil yang membuat terjadinya longsor tadi malam,” kata Amson.

Selain korban jiwa, kata Amson, dampak bencana longsor tersebut juga mengakibatkan kerugian material bagi warga sehingga harus mengungsi ke tempat yang lebih aman.

“Kerusakan dari longsor ini menimbun rumah warga. Kerugian ditaksir mencapai ratusan juta rupiah akibat bencana ini,” jelasnya.

Saat ini pihak BPBD Tana Toraja telah mengerahkan Tim Reaksi Cepat (TRC) untuk melakukan assessment dan berkoordinasi dengan Basarnas serta tim medis untuk mengevakuasi korban.

“Petugas juga masih mengalami kendala, disebabkan hujan yang masih berlangsung dengan intensitas sedang hingga lebat. Ditambah medan yang sulit dan penerangan yang kurang (pada saat kejadian di malam hari),” pungkasnya.