RAKYAT.NEWS, JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta Penjabat Gubernur Sulawesi Selatan, Bahtiar Baharuddin bersama Forkopimda dan lima kepala daerah yakni Makassar, Gowa, Takalar, Maros, dan Pangkep untuk membangun kawasan Kota Makassar dan sekitarnya.

“Supaya menjadi kota yang nyaman, sehat kemudian ekosistemnya dibangun, baik sistem ekonominya, sistem sosialnya termasuk bisnisnya, dan Makassar ini adalah pintu gerbang Indonesia Timur yang menjadi pusat perdagangan Indonesia Timur dan penopang IKN ke depan. Nanti bahan-bahan pangan ke IKN itu dari Makassar,” kata Bahtiar usai bertemu dengan Jokowi di Istana Negara, pada Selasa (27/2/2024).

Maka dari itu, kawasan Makassar dan sekitarnya harus terintegrasi jaringan transportasi yang memadai agar tidak terjadi kemacetan.

“Hari ini kami tambahkan Pangkep, Makassar dan sekitarnya ini terkoneksi dari sisi daratan dan ada juga koneksi dari sisi laut, karena ada juga Geopark Maros Pangkep,” kata Bahtiar.

“Karena yang paling dekat potensi pertanian, paling besar peternakan, yang terdekat dari IKN itu justru Makassar. Jadi ketika IKN beroperasi, yang paling menikmati adalah Makassar dan sekitarnya, Provinsi Sulawesi Selatan,” imbuhnya.

Dalam kesempatan yang sama, Kapolda Sulsel, Irjen Pol Andi Rian Ryacudu Djajadi mengatakan, kelima kabupaten yang ada di sekitar Kota Makassar tersebut diproyeksikan akan menjadi kawasan terintegrasi.

“Nah ini memang sudah sempat diterbitkan Peraturan Presiden yang menjadi dasar pembangunan Mamminasata tadi. Mudah-mudahan ini bisa ditindaklanjuti kembali dan mendapatkan dukungan langsung dari Bapak Presiden. Kita berharap ini bisa berjalan,” tuturnya.

Menanggapi hal tersebut, Wali Kota Makassar, M Ramdhan Pomanto mengatakan bahwa khusus daerah yang dipimpinnya itu memiliki banyak masalah perkotaan dengan pembangunan terpadu.

“Dan ini menjadi tantangan bagi kami wali kota dan Bupati di bawah bimbingan Bapak Gubernur juga Forkopimda, InsyaAllah kami akan siap untuk melaksanakan apa yang beliau arahkan, apa yang beliau impikan, Makassar dan sekitarnya seperti Shenzhen dekat Hongkong,” lanjutnya.