RAKYAT.NEWS, MAKASSAR – Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan menyiapkan anggaran subsidi sebesar Rp26 miliar untuk 5 rute penerbangan.

5 rute penerbangan yang mendapat subsidi diantaranya Makassar-Masamba, Masamba-Sorowako, Makassar-Bone, Makassar-Selayar, dan Bone-Kendari.

Kepala Biro Kesejahteraan Rakyat (Kesra), Sulawesi Selatan (Sulsel), Erwin Sodding, menyampaikan untuk perencanaan subsidi tersebut akan dibicarakan dalam waktu dekat.

“Mengenai pembicaraan bisa jadi di Februari atau Maret itu bisa dimulai, ini kan baru kita pembicaraan kontrak dengan pihak vendor,” Kata Erwin, Kamis (11/1/2024).

Ia mengungkapkan, subsidi di tahun 2024 meningkat dari periode sebelumnya dikarenakan rasio frekuensi menambah.

Lanjut Erwin, mengenai rute penerbangan sedang dalam evaluasi dikarenakan keterisian penumpang tidak mencapai 50%. Olehnya itu masih perlu dipertimbangkan dan belum bisa disampaikan ke publik.

“Ada beberapa rute yang tingkat keterisian penumpangnya tidak di atas 50%. Karena itu tadi mungkin memang orang lebih pilih prepare naik udara dibanding naik mobil, kemudian mengenai data rute belum bisa saya sebutkan tetapi dalam waktu dekat akan saya sampaikan,” ujarnya.

Ia juga menjelaskan ada pengurangan jumlah frekuensi penerbangan di rute yang low factornya tidak mencapai 50 %. Hal ini dilakukan agar subsidi yang diberikan betul-betul tepat guna bagi masyarakat.

“Dievaluasi mungkin frekuensinya yang dikurangi. Frekuensi dulu yang kemarin yang tahun lalu misalnya tiga kali seminggu di ubah jadi sekali seminggu. Supaya kan kasihan juga ini kita pakai uang negara yang kemudian nanti tidak menyentuh langsung ke masyarakat karena faktor keterisian penumpang yang terbatas takutnya ini malah jadi pemborosan,” kata dia.