RAKYAT.NEWS, BULUKUMBA – Penjabat Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel), Bahtiar Baharuddin, melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Bulukumba, Sabtu (23/12/2023). Ia mengawali dengan jalan santai bersama bupati, ASN dan masyarakat Bulukumba.

Bahtiar melepas peserta di Lapangan Pemuda dengan rute Pantai Merpati kemudian ke Pasar Cekkeng dan kembali ke Lapangan Pemuda. Sepanjang perjalanan, Bahtiar berbincang dengan Bupati Bulukumba, Andi Muchtar Ali Yusuf, terkait program provinsi maupun kabupaten.

Andi Muchtar menjelaskan, Partai Merpati merupakan ruang publik di Kota Bulukumba yang menjadi tempat nongkrong bagi warga maupun pengunjung dari luar. Dulunya, Pantai Merpati merupakan kawasan yang kumuh dan terabaikan, dan saat ini telah tertata rapi.

“Ini dulu kumuh,” kata Andi Muchtar.

Ia pun menyampaikan dukungan terhadap program Pj Gubernur dalam bidang ketahanan pangan. Seperti penanaman cavendish, sukun, nangka, dan pembangunan rumpon laut atau rumah ikan.

Sementara, Bahtiar menyampaikan, ia kerap berkunjung ke Kabupaten Bulukumba, yang sangat terkenal dengan Kapal Pinisi. Menurutnya, daerah ini memiliki potensi yang luar biasa jika dikelola dengan baik, tidak kalah dengan Labuan Bajo.

“Di sini ada penghargaan dari UNESCO untuk kapal Pinisi. Garis pantainya panjang, dan terkenal dengan Pantai Bira. Mestinya kalau dikelola dengan baik tidak kalah dengan Labuan Bajo,” ujarnya.

Ia mengatakan, jika Bulukumba tumbuh dengan baik, maka akan membuat daerah lainnya di sekitar Bulukumba juga turut bertumbuh.

“Saya sering berkunjung ke sini karena daerah ini memiliki potensi yang menurut saya patut kita dorong tumbuh lebih cepat. Supaya menarik daerah sekitarnya,” tuturnya.

Selanjutnya, Bahtiar dan Andi Muchtar kemudian meninjau Gelar Pangan Murah yang dilaksanakan untuk menekan inflasi jelang Natal dan Tahun Baru.