RAKYAT.NEWS, MAKASSAR – Penjabat Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel), Bahtiar Baharuddin menghadiri Rapat Paripurna DPRD Sulsel perdana pada, Jumat malam, 15 September 2023. Dalam kesempatan tersebut ia menyampaikan 8 Program Prioritas di hadapan fraksi-fraksi.

Adapun rapat tersebut terkait Agenda Penandatanganan Nota Kesepakatan antara Gubernur dengan Pimpinan DPRD Provinsi Sulawesi Selatan terhadap Kebijakan Umum Perubahan APBD (KUA) dan Prioritas Plafon Anggaran Sementara (PPAS) Perubahan Tahun Anggaran 2023.

Ia mengapresiasi Badan Anggaran DPRD dan TAPD Sulsel yang telah bekerja keras. Melakukan penyesuaian dan memperhatikan keadaan secara objektif dan tantangan baru, mengevaluasi dan review serta melakukan sinkronisasi dan penyesuaian anggaran.

Adapun 8 program tersebut, yakni menyukseskan penyelenggaraan Pemilu dan Pilkada Serentak 2024 berlangsung secara luber, jurdil, lancar, aman dan damai; Pengendalian Inflasi; Penanganan Stunting dan Gizi Buruk; Pengentasan Kemiskinan Ekstrem; Ketahanan dan Kedaulatan Pangan; Kemudahan Pelayanan Publik dan Investasi; Sinergi Program Prioritas Nasional dan Daerah; dan Stabilitas Sosial, Politik, Keamanan, Ketentraman, dan Ketertiban Umum.

Untuk Pilkada, ia menyebutkan, Menteri Dalam Negeri (Mendagri) telah menyurati seluruh gubernur, bupati dan wali kota bahwa diperintahkan untuk menyiapkan anggaran 40 persen pada tahun 2023 dan 60 persen pada tahun 2024.

“Saya sungguh berterima kasih pada malam hari ini bahwa Pemerintah Provinsi Sulsel dan DPRD Sulsel telah menyiapkan anggaran untuk Pilkada 2024 sebesar 40 persen sesuai dengan hukum,” sebutnya.

“Saya pastikan bahwa seluruh kabupaten dan kota di Sulsel juga harus 40 persen di tahun 2023,” lanjutnya.

Sedangkan pengendalian inflasi juga jadi perhatian. Ini dipengaruhi oleh persoalan global karena perang dan iklim suplai barang terganggu. Maka pemenuhan kebutuhan 21 jenis bahan pokok masyarakat juga terpengaruh.