RAKYAT.NEWS, MAKASSAR – Puluhan para pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yang berasal dari kabupaten dan kota mengikuti kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) yang dilaksanakan dalam rangka peningkatan produk untuk pengembangan Seni dan Kerajinan bagi UMKM yang berada dibawah binaan Dekranasda se-Provinsi Sulawesi Selatan.

Kegiatan ini dilaksanakan oleh Ditjen Bina Pembangunan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), sebagai Ex-Officio Bidang Kemitraan Dekranasda selama tiga hari sejak 29-31 Agustus di Hotel Horison Ultima.

Sekretaris Dekranasda Provinsi Sulsel, menyebutkan kegiatan ini diikuti 50 orang, yang berasal dari Kabupaten dan Kota terutama mereka yang ecoprint dan penjahit. Tentunya diharapkan melalui kegiatan ini, hasil yang didapatkan dapat diimplementasikan saat menghasilkan produk.

“Kami harapkan setelah kegiatan ini, para peserta dapat menerapkan ilmunya di daerahnya masing-masing, karena ada hal baru yang mereka dapat, seperti tehnik pembuatan ecoprint yang lebih mudah dibandingkan sebelumnya,” katanya.

Selain itu, ia menyatakan mereka juga diajarkan cara pencampuran warna agar lebih maksimal, bagaimana cara merawat kain ecoprint agar lebih awet serta cara membuat pola dan menjahit menjadi baju.

“Intinya adalah dengan pelatihan ini, maka ilmu mereka semakin bertambah dan kualitas produknya semakin baik, serta value produk yang didapatkan semakin tinggi,” jelasnya.

Menurutnya, sejauh ini Dekranasda terus mendorong peningkatan kualitas produk UMKM dengan mendorong peningkatan kinerja dari para Sumber Daya Manusianya.

“Kami terus mendorong UMKM dalam meningkatkan mutu dan kualitas produknya melalui berbagai pelatihan, yang kegiatannya bersinergi dengan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) , seperti membuat tas, sepatu, pewarnaan alam,” sebutnya.

Selain itu, juga membantu dalam pemasaran produk dengan memberi peluang mengikuti mengikuti beberapa pameran, baik didalam daerah atau diluar provinsi, seperti : pameran yg dilaksanakan beberapa event di Makassar, Wajo, Kalimantan Timur, kriya, Inacraft, bahkan ke mancanegara.