RAKYAT.NEWS,MAKASSAR – Pemprov Sulsel, Pengurus Pusat Ikatan Alumni Universitas Hasanuddin (PP IKA Unhas) bersama dengan TNI-Polri melakukan Aksi Bersih Pantai, pada Sabtu (5/8/2023).

Aksi Bersih Pantai ini melibatkan unsur-unsur TNI-Polri, Pemprov Sulsel, Pelajar dan masyarakat pecinta lingkungan.

Persiapan Aksi Bersih Pantai yang dipusatkan di Kawasan Lego Lego Center Point of  Indonesia (CPI) sudah matang.

Sekjen IKA Unhas, Yusran Jusuf, Ketua Panitia Andi Taufik, Bendahara Umum Murtir Jeddawi, Direktur  Eksekutif Salahuddin Alam, Waketum Andi Irwan Patawari dan sejumlah PP IKA  mendatangi lokasi.

Pengurus Pusat IKA bersama unsur TNI-Polri berada di lokasi hingga malam dan secara bersama-sama menyiapkan agar kegiatan ini berjalan lancar dan sukses.

Aksi Bersih Pantai akan dikoordinir langsung oleh Pangdam  XIV/Hasanuddin dan melibatkan 3.659 person.

Menurut Ketua Umum IKA Unhas, Andi Amran Sulaiman menyatakan bahwa kegiatan ini merupakan ide atau gagasan para pimpinan TNI dan Polri.

“Aksi Bersih Pantai ini merupakan ide dari pimpinan TNI dan Polri di daerah ini.  Kami yang menyambut dan melaksanakannya,” katanya.

Untuk itu, Ketum  IKA Unhas turun langsung memaksimalkan PP IKA Unhas untuk menyukseskan kegiatan ini.

Sebelum Aksi Bersih Pantai bergerak, akan dilakukan apel siaga diikuti semua unsur yang terlibat. Apel siaga ini dimulai pukul 06.00.

Menurut Ketua Panitia Andi Taufik, Aksi Bersih Pantai merupakan kerja kolaborasi yang melibatkan personel Kodam XIV/Hasanuddin, Lantamal VI dan Komando Operasi  Udara II.

Sementara Pangdam Kodam XIV/Hasanuddin Mayjen TNI Totok Imam Santoso akan memimpin apel siaga kegiatan Aksi Bersih Pantai yang melibatkan 3.659 orang.

Adapun lokasi yabg menjadi sasaran aksi meliputi Pantai di sekitar Lego Lego hingga Terowongan sebagai lokasi pertama.

Lokasi sasaran  kedua meliputi Pantai di Bola Dunia hingga Tuguh Adipura dan sasaran ketiga, dari Tugu Adipura hingga di depan hotel Kenari.

Sebelumnya, untuk kelancaran kegiatan ini panitia telah  beraudiens ke Panglima Komando Daerah Militer XIV/Hasanuddin Mayjen TNI Totok Imam Santoso, Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda), Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut VI (Danlantamal VI) Brigadir Jenderal TNI (Mar) Amir Kasman, Wali Kota Makassar Moh. Ramdhan Pomanto dan Panglima Komando Operasi II, Marsekal Muda TNI Andi Kustoro.

Aksi Bersih Pantai dilakukan dalam rangkaian Hari Jadi Pemprov Sulsel ke 354 dan Hari Ulang Tahun ke-78 tahun Indonesia merdeka.