RAKYAT.NEWS, MAKASSAR – Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sulawesi Selatan (Kanwil Kemenkumham Sulsel) mengadakan acara peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-96, Senin (28/10/2024).

Upara yang digelar di Lapangan Kanwil Kemenkumham Sulsel ini dihadiri oleh pimpinan tinggi pratama, pejabat administrator/pengawas, dan seluruh pegawai.

Dalam acara ini, Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil), Taufiqurrakhman menjadi inspektur upacara. Ia menyampaikan amanat dari Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Dito Ariotedjo.

Tauqifurrakhman menyatakan bahwa perayaan Hari Sumpah Pemuda tahun ini diperingati seiring dengan peralihan ke pemerintahan baru yang akan memajukan Bangsa Indonesia dalam mencapai tujuan pembangunan jangka menengah sebagai pijakan untuk mencapai target pembangunan jangka panjang 2045, yaitu mencapai Indonesia Emas yang ditandai dengan kemajuan dan kesejahteraan yang meningkat, serta peran yang lebih kuat dalam kancah global yang dimainkan oleh bangsa Indonesia.

“Ini adalah momen bagi Bangsa Indonesia untuk memberikan perhatian lebih besar kepada agenda-agenda pengembangan kepemudaan sebagai bagian penting dalam Pembangunan Indonesia, baik dalam posisi pemuda sebagai subjek/objek Pembangunan,” kata Taufiqurrakhman.

Sebagai subjek/objek Pembangunan, kata Taufiqurrakhman, sebagian pemuda Indonesia sudah memiliki kemampuan untuk berkontribusi aktif dalam berbagai sektor Pembangunan Nasional. Namun, sebagian lainnya masih butuh pembinaan untuk mengembangkan potensi yang masih terbenam sehingga potensi ini menjadi kekuatan dalam kepemimpinan, inovasi, dan kewirausahaan.

“Pemuda Indonesia diharapkan untuk lebih berperan dalam Pembangunan Nasional Indonesia karena pada hakikatnya, pemuda adalah pemilik masa depan.” ujar Taufiqurrakhman.

Pada kesempatan ini, Taufiqurrakhman menyampaikan bahwa tema peringatan Hari Sumpah Pemuda 2024 adalah “Maju Bersama Indonesia Raya”. Tema ini mengajak semua pihak untuk meningkatkan dan mempromosikan berbagai aspek layanan kepemudaan agar Indonesia menjadi negara yang maju, besar, dan sejahtera.