RAKYAT.NEWS, SULSEL – Program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Ke-122 yang dilaksanakan oleh Kodim 1425/Jeneponto, di bawah Korem 141/Toddopuli, Kodam XIV/Hasanuddin, tengah berlangsung di Desa Tuju, Kecamatan Bangkala Barat, Kabupaten Jeneponto.

Salah satu sasaran fisik utama dari program ini adalah perintisan dan pelebaran jalan sepanjang 2.380 meter dengan lebar 5 meter. Hingga Sabtu (19/10/2024), progres pengerjaan telah mencapai 80 persen.

Kegiatan ini dipimpin oleh Serma Jufri, anggota Satgas TMMD 122 Kodim 1425 Jeneponto, dan melibatkan personel gabungan dari TNI-Polri serta masyarakat setempat. Tujuan utama dari pengerjaan ini adalah untuk meningkatkan aksesibilitas dan mempercepat pembangunan infrastruktur di wilayah Desa Tuju.

Dalam penjelasannya, Serma Jufri menyatakan bahwa partisipasi aktif warga sangat berperan dalam pencapaian ini, dengan menunjukkan semangat gotong royong yang tinggi.

“Kami berharap, upaya ini bisa mempermudah mobilitas warga dan mendukung pertumbuhan ekonomi daerah,” ujarnya.

Untuk mempercepat proses pengerjaan, proyek ini didukung oleh penggunaan alat berat, yaitu 2 unit eksavator, 1 unit greder, dan 1 unit Aboma. Penggunaan alat berat diharapkan dapat memastikan pekerjaan perintisan dan pelebaran jalan selesai tepat waktu sesuai dengan target yang ditetapkan.

TMMD Ke-122 di Desa Tuju merupakan contoh sinergi antara TNI dan masyarakat dalam mendukung percepatan pembangunan desa, terutama untuk infrastruktur dasar seperti jalan.

Kegiatan ini diharapkan dapat memberikan manfaat jangka panjang bagi masyarakat, khususnya dalam meningkatkan aksesibilitas dan perekonomian di wilayah tersebut, pungkas Serma Jufri. (*)