RAKYAT NEWS, SULSEL – Penjabat (Pj) Bupati Jeneponto, Junaedi Bakri melakukan kunjungan ke lokasi perintisan Jalan yang dikerjakan oleh TNI melalui program Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) Ke-122 tahun 2024 di Desa Tuju, Kecamatan Bangkala Barat, Senin (7/10/2024).

Turut hadir menyambut Pj Bupati Jeneponto, Junaedi Bakri yakni Dandim 1425 Jeneponto, Letkol Inf Muhammad Amin dan Kepala Desa Tuju, Kecamatan Bangkala Barat, Muh Yunus dan beberapa tokoh masyarakat dan perwira Kodim 1425 Jeneponto.

Diketahui perintisan dan pelebaran jalan sepanjang panjang 2,3 kilometer ini lebarnya 5 Meter. Jalan tersebut nantinya akan menghubungkan antara Dusun Bangkala Desa Tuju dengan lingkungan Pakkotanga, Kelurahan Bulujaya, Kecamatan Bangkala Barat.

“Ini akan menjadi urat nadi perekonomian masyarakat yang ada di wilayah ini. Karena jalan Ini akan menghubungkan sentra-sentral produksi dan pemasaran. Oleh karena itu saya yakin dengan kondisi jalan yang memadai pasti akan berdampak pada peningkatan hasil dan nilai pertanian yang dibudidayakan oleh petani,”ujar Junaedi.

Junaedi yang ditemui dilokasi TMMD mengaku optimis kedepan masyarakat yang ada di Desa Tuju dan Kelurahan Bulujaya akan lebih mudah mengangkut hasil pertaniannya dan memungkinkan perekonomian masyarakat setempat jauh lebih baik.

IMG 20241007 WA0038

“Insya Allah kedepan dengan adanya jalan ini kami optimis akan mendorong upaya peningkatan produktivitas petani, pendapatan petani sehingga perekonomian kedepannya jauh lebih baik,”sambung Junaedi.

Sementara Dandim 1425 Jeneponto Letkol Inf Muhammad Amin yang juga merupakan Dansatgas TMMD ke-122 mengatakan, selain perintisan dan pelebaran jalan, juga dilakukan pembuatan Plat deker 4 unit dengan panjang 2 Meter dan lebar 5 M meter. Selanjutnya juga akan ada pembuatan Talud sepanjang 995 meter dengan lebar 80 Cm.

“Kemudian dalam proses pembangunan tersebut, terdapat sasaran Tambahan berupa program TNI Manunggal Air Bersih (TMAB) dengan pengeboran air 3 titik. Program ini merupakan program unggulan Kepala Staf TNI Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Maruli Simanjuntak,”ujar Muhammad Amin.

Sementara untuk sasaran pembangunan rumah tidak layak huni (RTLH) kata Muhammad Amin itu ada 1 unit yang dikerjakan di Desa Tuju. Tidak hanya itu, juga dilakukan penanaman 300 batang pohon jenis sukun dan penanganan stunting dengan penyerahan 30 paket sembako.

“Kemudian jumlah personil Satgas TMMD ke-122 tahun 2024 Kodim 1425 Jeneponto, dari prajurit TNI 122 Orang, Anggota Polri 12 Orang, dari Pemda Jeneponto 16 Orang dan 25 Orang dari masyarakat Desa Tuju,” pungkasnya. (*)