RAKYAT.NEWS, TANA TORAJA – Sekretaris Daerah Provinsi Sulsel, Jufri Rahman, menghadiri perayaan ulang tahun ke-67 Tana Toraja dan ulang tahun ke-777 Toraja, yang berlangsung di Plaza Kolam Makale, Senin (16/9/2024).

Ia hadir bersama sejumlah pejabat dari Pemerintah Provinsi Sulsel, di antaranya Staf Ahli Erna Since Lamba, Kepala Pelaksana BPBD Sulsel Amson Padolo, Kepala Bidang Komunikasi dan Humas Diskominfo SP Sulsel Fitra, dan Kepala UPTD Pemeliharaan Jalan dan Jembatan Wilayah 2 DBMBK Provinsi Sulsel, Khalid.

Menyampaikan salam ke seluruh jajaran Pemerintah Daerah, DPRD, dan masyarakat Tana Toraja atas nama Pemerintah Provinsi Sulsel, Jufri Rahman berharap agar peringatan ulang tahun ke-67 Tana Toraja dan ke-777 Toraja dengan tema Misa’ Kada Dipotuo, Pantan Kada Dipomate (Bersatu Kita Teguh, Bercerai Kita Runtuh), dapat menjadi ajang untuk memperkuat persatuan dan kebersamaan.

“Saya berharap masyarakat Tana Toraja tetap menjaga kekompakan demi mencapai cita-cita yang lebih baik, aman, dan sejahtera,” ucap Jufri Rahman yang mewakili Penjabat Gubernur Sulsel Prof Zudan Arif Fakrulloh.

Jufri Rahman menyatakan kebanggaannya melihat bagaimana masyarakat Toraja tetap mempertahankan warisan budaya dan tradisi mereka di tengah arus perubahan zaman yang terus bergerak.

Tradisi seperti upacara Rambu Solo, Ma’nene, dan Rumah Adat Tongkonan bukan hanya sebagai simbol identitas, tetapi juga sebagai bukti komitmen kuat masyarakat Toraja dalam melestarikan warisan nenek moyang mereka.

“Tradisi yang sarat dengan nilai-nilai kehidupan dan keharmonisan ini mengantarkan Toraja menjadi salah satu ikon pariwisata di Indonesia yang mendunia. Keindahan alam yang luar biasa, menjadikan Toraja sebagai destinasi wisata yang selalu menarik perhatian, baik wisatawan domestik maupun mancanegara,” terangnya.

Dalam kesempatan ini, Staf Ahli dari Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) juga menyampaikan terima kasih dan apresiasi yang tinggi kepada Bupati dan Wakil Bupati Tana Toraja beserta seluruh jajaran, Forkopimda, Forkopimcam, para lurah, para kepala desa/lembang, dan seluruh masyarakat Tana Toraja atas dedikasi dan kerja keras dalam membangun daerah ini.